July 29, 2015

10 Bahasa Asing yang Perlu Anda Pelajari

Share artikel ini

Anda patut bangga dengan bahasa negara kita, yakni bahasa Indonesia karena Bahasa Indonesia termasuk dalam daftar Top 10 bahasa yang digunakan di dunia. Tepatnya, Bahasa Indonesia digunakan oleh 200 juta orang penduduk di Indonesia dengan akar bahasa yang sama dengan bahasa Melayu yang digunakan sebagian besar etnik Melayu di Indonesia dan Malaysia.

Di tengah era globalisasi saat ini menguasai bahasa asing bukan lagi sekedar tren semata tetapi sudah menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan dan juga sebagai kunci utama memasuki dunia global. Seperti menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional utama yang paling banyak digunakan di dunia internasional. Ibaratnya mahir bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dikuasai seseorang jika ingin memiliki karir yang cemerlang di tengah kompetisi global saat ini. Apalagi bagi Anda yang ingin menjadi diplomat atau jika Anda bercita-cita menjadi artis Hollywood, mahir bahasa Inggris adalah pilihan mutlak.

Selain menguasai bahasa Inggris, Anda juga bisa menguasai bahasa-bahasa asing lainnya  yang diharapkan dapat membantu Anda menghadapi globalisasi. Dengan menguasai beberapa bahasa asing, poin Anda akan bertambah di pasar kerja dan membuat Anda lebih percaya diri. Misalnya saja mahir dalam bahasa Spanyol yang diketahui sebagai peringkat kedua bahasa yang paling banyak digunakan didunia dengan 405 juta penutur bahasa asli di dunia.  Berikut kami berikan bahasa-bahasa asing yang dapat Anda pelajari yang diharapkan dapat membantu karir dan pekerjaan Anda di masa depan.

Inilah 10 bahasa Asing yang bisa menjadi pilihan Anda:

1. Bahasa Jerman

Bahasa Jerman termasuk salah satu bahasa yang paling popular di dunia. Bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di Jerman wajib mahir dalam bahasa ini. Pendidikan di Jerman yang terkenal murah dan berkualitas menawarkan berbagai program beasiswa dan kesempatan magang bagi pelajar dan mahasiswa dari luar Jerman.  Terutama bagi mereka yang ingin menempuh karir dan belajar di bidang teknologi dan engineering. Seperti kita mengetahui bahwa Jerman sangat terkenal dengan berbagai produk dan inovasi  terdepan di bidang teknologi, misalnya kereta api, pesawat terbang hingga mobil.

Bahasa asing yang perlu Anda pelajari
2. Bahasa Prancis

Selain belajar bahasa Inggris, banyak orang yang memilih untuk belajar bahasa Prancis. Tercatat 129 juta orang di dunia menggunakan bahasa Prancis, mulai dari Prancis, Belgia, Canada, Rwanda, Kamerun, dan Haiti. Banyak yang bilang jika bahasa Prancis adalah bahasa paling romantis se-dunia. Hal ini mungkin benar karena apapun yang berbau Prancis pasti terdengar romantis. Mahir berbahasa Prancis juga wajib bagi mereka yang ingin belajar di negara tersebut. Apalagi bahasa Prancis termasuk salah satu bahasa populer di dunia ini selain bahasa Inggris. Dan bagi Anda para traveller, pastikan Anda menguasai dasar-dasar bahasa Prancis sebelum Anda pergi ke Menara Eiffel.

3. Bahasa Spanyol

Populer dan terkesan seksi. Bahasa Spanyol sangat popular dan menjadi bahasa kedua yang paling  banyak digunakan di seluruh dunia. Bahasa Spanyol digunakan oleh lebih dari 405 juta orang di dunia, seperti negara-negara di Amerika Latin, sebagian benua Eropa, bahkan Amerika Serikat. Sejumlah negara latin seperti Mexico, Argentina, dan Cuba bahkan menjadikan bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi. Bahkan di Amerika Serikat sendiri bahasa Spanyol juga banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat Amerika. Beberapa istilah bahasa Inggris juga dipinjam dari bahasa Spanyol seperti tornado, bonanza, patio, quesadilla, hingga enchilada. Sejumlah universitas di Eropa dan Amerika bahkan mencantumkan mahir berbahasa Spanyol sebagai persyaratan masuk. Calon mahasiswa tersebut harus membuktikannya dengan sertifikasi kemampuan berbahasa Spanyol yang diakui secara internasional yaitu DELE.

4. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin menjadi bahasa resmi di daratan Tiongkok dan merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan lebih dari 1 milyar orang penutur asli. Bahasa ini menjadi salah satu bahasa yang penting untuk Anda pelajari. Di seluruh dunia bahasa Mandarin ini banyak dipelajari oleh anak-anak sejak dini, termasuk di Indonesia. Biasanya, bahasa Mandarin diajarkan di sekolah-sekolah tertentu atau melalui pelatihan bahasa Mandarin yang disediakan oleh lembaga pendidikan bahasa. Bagi Anda yang ingin berbisnis atau memiliki klien di daratan Tiongkok, menguasai bahasa  Mandarin menjadi sangat penting. Terutama  bagi Anda yang sering bepergian ke negeri tersebut untuk urusan bisnis, karena dengan menguasai bahasa Mandarin urusan bisnis akan menjadi lebih mudah. Juga Anda para traveller yang ingin bepergian ke negeri Tirai Bambu ini juga disarankan menguasai bahasa Mandarin dasar, seperti “Ni Hao” yang berarti “Halo” dalam bahasa Indonesia.

belajar bahasa asing
5. Bahasa Inggris

Tidak perlu ditanya lagi, bahasa Inggris adalah bahasa pergaulan internasional yang paling popular. Bahasa Inggris penting untuk Anda pelajari untuk kepentingan studi, budaya, diplomasi hingga karir. Bahasa Inggris digunakan oleh 508 juta orang dari seluruh penjuru dunia, bahkan menjadi bahasa resmi. Pengguna bahasa Inggris sebagai bahasa resmi diantaranya Selandia Baru, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Afrika Selatan hingga Canada. Dengan fasih berbahasa Inggris akan memuluskan karir Anda di pasar kerja dunia. Bahasa Inggris mulai diajarkan di sekolah-sekolah dasar di Indonesia saat ini. Selain itu berbagai lembaga pendidikan di Indonesia menyelenggarakan kelas dan kursus bahasa Inggris yang dapat diikuti oleh siapa saja.

6. Bahasa Arab

Bahasa Arab digunakan oleh 246 juta penutur asli di seluruh dunia dan bahasa ini sangat erat dengan sebagian besar masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Selain erat kaitannya dengan ilmu agama, bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia. Misalnya bahasa Arab ini sangat berguna bagi para calon jemaat haji atau umroh. Selain itu saat ini banyak dibutuhkan penterjemah bahasa Arab dengan beragam kebutuhan. Di Indonesia, bahasa Arab dasar banyak diajarkan di Madrasah-madrasah, sekolah-sekolah bernuansa keagamaan, pesantren modern hingga perguruan tinggi. Tidak sedikit yang ingin mempelajari bahasa Arab karena khazanah sastranya yang mengagumkan seperti puisi-puisi dan sajak Jalaludin Rumi hingga puisi Kahlil Gibran yang romantis. Selain belajar institusi pendidikan, bahasa Arab juga dapat dipelajari melalui kursus bahasa hingga belajar dengan bantuan software computer. Berbagai sapaan sehari-hari di Indonesia juga sering menggunakan bahasa Arab, seperti “Assalamualaikum” dalam berbagai kesempatan baik formal maupun non-formal.

7. Bahasa Kanton

Bahasa Kanton biasa digunakan di Hongkong yang kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan 70 juta orang tercatat sebagai penutur asli dalam bahasa ini. Belajar bahasa ini menjadi penting karena banyak orang yang berkunjung ke Hongkong untuk berbelanja. Selain itu banyak tenaga kerja asing dari berbagai negara yang bekerja di Hongkong dan membuat bahasa ini wajib dipelajari oleh calon tenaga kerja.

8. Bahasa Rusia

Sekilas bahasa Rusia terlihat rumit dengan huruf cyrillic-nya.  Digunakan oleh 277 juta orang penutur asli di seluruh dunia dan merupakan salah satu dari enam bahasa  penting di PBB. Bahasa Rusia tidak hanya digunakan di negara asalnya, tetapi juga di Belarusia, Kazakhstan, sebagian Amerika Serikat.  Selain itu banyak mahasiswa asing dari berbagai negara yang melanjutkan studi di Rusia sehingga bahasa Rusia berguna untuk dipelajari.

9. Bahasa Jepang

Tak hanya dengan tren dan budaya Jepang yang sangat popular di dunia, tetapi bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa yang paling diminati untuk dipelajari. Bahasa Jepang ini dinilai penting karena negara sakura tersebut cukup menguasai perekonomian, perdagangan dan kegiatan penelitian teknologi di Asia. Sehingga keterampilan bahasa Jepang sangat dibutuhkan jika Anda ingin belajar, bekerja atau pun aktivitas lainnya ke Jepang. Selain itu, bahasa Jepang juga sangat populer bagi penggemar manga dan anime yang cukup banyak di Indonesia sehingga menarik untuk dipelajari. Untuk mempelajari bahasa Jepang, Anda bisa belajar melalui lembaga bahasa Jepang, kursus bahasa Jepang hingga sejumlah perguruan tinggi juga memiliki jurusan Sastra Jepang.

10. Bahasa Hindi (India)

Bahasa India pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda yang gemar menonton film-film India di layar televisi  di Indonesia. Bahasa ini digunakan oleh 497 penutur asli di dunia dan semakin popular dengan terpaan dunia hiburan film-film Bollywood dari tanah Hindustan tersebut. Beberapa kata dalam bahasa Indonesia  bahkan mirip dengan bahasa India. Apalagi Indonesia dan India memiliki kedekatan budaya seperti musik, makanan hingga bahasa. Selain itu India juga dikenal sebagai negara dengan pendidikan yang murah dan banyak pelajar asing yang menempuh pendidikan di India, terutama ilmu Komputer. Selain itu bagi para Traveller, kecantikan Taj Mahal mengundang Anda untuk datang. Saran terbaik adalah belajar bahasa India sebelum berkunjung ke sana.

Nah, bahasa asing mana saja yang membuat Anda tertarik untuk pelajari? Untuk mempelajarinya Anda bisa mengikuti pendidikan, kursus atau pelatihan yang terdapat di kota Anda. Semoga posting ini dapat membantu Anda untuk memilih bahasa asing yang berguna untuk Anda. Selamat belajar!

(Visited 6,277 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *