August 22, 2015

10 Fakta yang Harus Anda Ketahui Tentang Entrepreneur

10-Fakta-yang-Harus-Anda-Ketahui-Tentang-Entrepreneur
Share artikel ini

Jadi entrepreneur atau wirausahawan mungkin terlihat mudah bagi sebagian orang. Hal tersebut didiukung oleh para entrepreneur sukses yang berkata bahwa dunia entrepreneurhip atau wirausaha menawarkan kesuksesan yang tak terhingga. Mereka mengajak Anda dan banyak orang lainnya untuk menekuni dunia entrepreneurship. Iming-iming kesuksesan tersebut membuat banyak orang menjadi berlomba-lomba untuk menekuni dunia wirausaha ini.

Pertanyaannya, bagaimana para entrepreneur tersebut meraih kesuksesan? Apakah kesuksesan tersebut bisa diraih dengan mulus? Bagaimana realita yang tengah dijalani mereka? Pasalnya, tidak sedikit dari entrepreneur sukses yang harus merasakan gagal berkali-kali sebelum bertengger di puncak kesuksesan.

Berikut kami berikan fakta mengejutkan yang perlu Anda ketahui tentang entrepreneurship atau dunia wirusaha.

1. Anda harus keluar dari zona nyaman

Zona nyaman bukan kamus yang ada dalam seorang entrepreneur. Tidak ada lagi jam kantor mulai 09.00 – 17.00 sore, bekerja dengan baik, dan menerima gaji besar setiap bulannya. Seorang entrepreneur ada yang harus bekerja lebih dari 40 jam per minggu demi memastikan dan memantau usaha yang dikelolanya berjalan dengan baik.

2. Anda harus siap terima resiko gagal

Saat memutuskan keluar dari pekerjaan kantoran dan memulai usaha sendiri, berarti Anda harus bersiap-siap menerima resiko kegagalan di depan mata. Misalnya, gerai susu rasa buah-buahan yang akan Anda buka bisa jadi tidak disukai oleh konsumen dan Anda bakal merugi besar. Terkadang, Anda harus melewati beberapa kegagalan sebelum menemukan titik keberhasilan.

3. Menjadi entrepreneur, berarti Anda harus berhubungan dengan berbagai macam tipe orang

Siap-siap saja Anda akan bertemu dengan berbagai macam tipe orang saat Anda merintis usaha Anda. Klien, karyawan dan investor Anda memiliki berbagai macam sifat. Apakah Anda menyukai sifat dan sikap mereka yang Anda harus menghadapinya setiap hari?

4. Penghasilan atau klien yang diinginkan tidak mudah diraih

Untuk mendapatkan target penghasilan atau klien seperti yang Anda inginkan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan semua itu. Kerja keras yang melebihi dari seorang karyawan, karena Anda yang harus menggerakkan roda usaha Anda untuk terus berjalan.

5. Produk atau usaha Anda harus unik untuk bertahan dari serbuan kompetitor

Jangan sampai produk atau usaha Anda merupakan produk yang sama dan serupa dengan produk-produk yang tengah menjadi tren di pasar. Produk Anda harus memiliki keunikan tersendiri dan membuat orang tidak mudah berpaling ke produk lainya. Di sini, Anda dituntut harus sangat kreatif untuk terus mengembangkan produk dan jasa yang Anda miliki.

6. Belajar dari Kegagalan

Berbagai jenis usaha sudah Anda coba dan Anda sudah beberapa kali mengalami kegagalan. Kegagalan terkadang menjadi mimpi buruk bagi seorang entrepreneur untuk terus melangkah dan terpuruk. Padahal Anda dapat belajar dari kegagalan tersebut dan menemukan formula yang tepat agar usaha Anda tidak gagal lagi.

7. Lupakan cuti tahunan karena kelangsungan perusahaan ada di bahu Anda

Seorang entrepreneur adalah pekerja keras. Ia adalah seorang yang dianggap paling bertanggung jawab untuk semua usahanya. Meski Anda baru memulai usaha membuat gerai susu rasa buah-buahan kecil-kecilan, tapi semua harapan ada di pundak Anda, termasuk gaji pegawai yang harus Anda bayarkan tiap bulannya.

8. Terus menemukan inovasi dan menciptakan tren

Anda harus mempelajari segala informasi yang berada di dalam usaha baru yang Anda rintis dengan berbagai inovasi baru yang ada. Selain itu Anda harus memahami kondisi pasar dan bagaimana dengan competitor Anda. Dengan inovasi manarik yang Anda kembangkan, maka Anda akan menjadi trendsetter baru di bidang usaha Anda.

9. Siap dengan berbagai tantangan

Tidak selamanya dunia entrepreneurship yang Anda jalani berjalan mulus. Suatu saat pasti terjadi pasang-surut usaha. Di tengah-tengah perjalanan menuju kesuksesan, Anda mungkin saja merasa senang saat omzet melimpah dan terkadang merasa ‘down’ saat tiba-tiba pegawai kepercayaan Anda tiba-tiba mengundurkan diri dan bergabung dengan usaha competitor. Nah, tantangan dan rintangan selalu ada.

10. Pertahankan kesuksesan

Terkadang mempertahankan apa yang sudah kita berhasil raih menjadi lebih sulit daripada saat kita berusaha mendapatkannya. Misalnya, usaha Anda sedang berada di puncak dan muncul banyak kompetitor serupa yang ternyata menjiplak usaha Anda. Di sini ketangguhan Anda sebagai entrepreneur atau wirausahawan sejati akan diuji untuk tetap mempertahankan kesuksesan yang telah diraih.

Intinya, dengan menjadi entrepreneur, Anda harus benar-benar tahu apa yang hendak dicapai, rencana yang harus dibuat, dan ‘take action’ – bagaimana meraih semua itu. Rencana yang Anda buat hendaklah fleksibel dan sesuai dengan tantangan yang akan dihadapi nanti. Jadi, menjadi entrepreneur berarti Anda harus berani gagal dan berani sukses. Setuju?

 

 

(Visited 736 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *