August 9, 2015

10 Makanan Terlezat Khas Indonesia

Share artikel ini

Indonesia memiliki beraneka ragam suku dan budaya sehingga tentunya, negara kita ini memiliki beragam jenis makanan khas. Makanan khas Indonesia kaya dengan rempah-rempah dan bumbu pedas yang menjadikannya populer dan mendunia. Pada tahun 2011, salah satu makanan khas Indonesia menduduk peringkat satu dalam 50 makanan terenak di duniamenurut CNN. Ini membuktikan bahwa makanan khas Indonesia tidak kalah lezat dengan makanan-makanan khas mancanegara.

Berikut ini adalah 10 daftar makanan terlezat khas Indonesia.

1. Rendang

Rendang adalah salah satu makanan tradisional dari Padang, Sumatera Barat. Rendang cukup digemari oleh banyak orang dan bahkan rendang sangat populer hingga ke mancanegara membuat rendang termasuk makanan yang terkenal di dunia. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang direbus menggunakan santan, cabai dan rempah-rempah lainnya. Jika Anda hendak makan di restoran Padang, jangan lupa untuk memesan rendang! Anda pasti akan merasa ketagihan karena rasanya yang sangat lezat!

2. Pempek

Pempek adalah makanan yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung sagu. Pempek biasanya disajikan dengan cuka berwarna hitam kecokelatan dan bisa juga ditambahkan dengan mie dan timun. Pempek memiliki banyak varian seperti lenjer, keriting, kulit. Namun, yang paling populer adalah pempek kapal selam. Makanan khas Indonesia yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan ini memiliki sejarah yang unik.

Pempek pertama kali di buat oleh seorang keturunan Cina yang pindah dan menetap di Indonesia. Ia memanfaatkan hasil ikan yang melimpah di sekitar sungai Musi dan mencoba mencampurkan daging ikan dengan tepung sagu yang kini diberikan nama pempek. Kata pempek berasal dari kata ‘apek’ (sebutan lelaki tua keturunan Cina) karena biasanya yang menjual makanan ini adalah lelaki tua yang mengunakan sepeda. Makanya, sering orang memanggil apek dan akhirnya makanan ini dikenal dengan nama pempek.

3. Otak Otak

Nah, yang satu ini adalah makanan khas Indonesia yang juga berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Otak-otak juga merupakan salah satu makanan terlezat di Indonesia. Otak-otak juga berasal dari ikan tenggiri dan tepung sagu yang di balut dengan daun pelepah pisang yang kemudian dipanggang. Otak-otak lebih enak rasanya jika dipanggang menggunakan arang daripada menggunakan kompor. Di Palembang, otak-otak biasanya disajikan dengan cabai merah berbeda dari Pulau Jawa yang biasa menyajikan nya dengan saus kacang.

4. Soto

Soto adalah makanan sejenis sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang biasa digunakan untuk membuat soto adalah ayam dan sapi. Ada juga yang menggunakan daging babi atau daging kambing juga. Soto sendiri memiliki banyak varian tergantung dari masing-masing daerah. Cara penyajiannya pun juga berbeda-beda sesuai dengan daerah asal soto tersebut. Salah satunya ialah soto Padang terbuat dari irisan daging sapi ditambah bihun yang telah direbus dengan kaldu dari daging sapinya sendiri.

5. Bakso

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Bakso adalah daging berbentuk bola yang sangat populer di Indonesia baik di kalangan pedagang kaki lima maupun restoran-restoran ternama. Memang bakso juga ada di negara lain, namun tentunya Indonesia memiliki cara penyajian yang khusus dan berbeda.

Bakso adalah campuran daging sapi dan tepung tapioka. Namun, ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan dan udang. Bakso biasanya disajikan dengan kuah kaldu sapi, mie atau bihun, toge, seledri, pangsit goreng, dan sayuran lainnya.

Beberapa jenis bakso yang terkenal adalah bakso urat (bakso yang terbuat dari irisan urat atau tendon sapi), daging sapi bakso goreng dan bakso yang berisi telur. Bukan hanya bermacam jenis isi bakso, bahkan ada juga macam – macam bakso yang berdasarkan bentuknya; misalnya, bakso bulat, bakso gepeng, dan lain-lain. Kalau dikalangan masyarakat Indonesia, bakso yang paling populer adalah bakso dari Malang karena kota ini terkenal dengal jualan berbagai jenis bakso yang juga lezat sekali.

6. Gado-Gado

Gado-gado adalah sejenis salad dalam versi Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa.Makanan ini terbuat dari sayur-sayuran yang telah direbus dan diberi bumbu kacang. Biasanya di hidangkan dengan telur iris, kentang rebus, bawang goreng, emping dah kerupuk. Gado-gado sebenarnya disajikan sebagai sebuah hidangan sayur, tetapigado-gado juga dapat disajikan sebagai hidangan utama.

7. Tempe

Tempe terbuat dari kacang kedelai dan ragi dengan melalui proses fermentasi. Tempe yang awalnya berasal dari Indonesia ini ternyata sudah mendunia dan sudah ada di berbagai macam negara seperti negara Jepang dan di beberapa negara Amerika. Keistimewaan tempe di Indonesia adalah tempe goreng, tempe orek dan tempe bacem.

Tempe goreng biasanya digoreng menggunakan tepung. Tempe orek adalah tempe yang diiris kecil-kecil lalu ditumis serta ditambahkan dengan kecap manis. Sedangkan tempe bacem direbus dengan air kelapa, gula merah, garam, daun salam dan lengkuas. Selain rasanya yang lezat, tempe juga sangat bergizi karena mengandung protein nabati, kalsium serta vitamin B.

8. Gudeg

Anda belum merasakan makanan Indonesia jika belum makan Gudeg. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka yang di masak dengan santan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental atau areh (santan kelapa yang dicampur dengan ampas minyak kelapa), telur, ayam kampung, tahu, tempe, dan sambal goreng. Mmmm…. Tergiur deh.

9. Sayur Asem

Sayur asem Jawa adalah salah satu makanan popular di Indonesia lho! Ciri khas dari sayur asem adalah menggunakan asam untuk kuahnya yang dilengkapi dengan sayur sayuran seperti melinjo, kacang tanah, kacang panjang, labu dan juga jagung. Rasanya akan semakin lengkap jika diberi garam dan gula. Biasanya, orang Indonesia memakan sayur asem dengan makanan pelengkap lainnya seperti ayam goreng tahu, tempe atau ikan bakar.

10. Batagor

Batagor merupakan kepanjangan dari bakso tahu goreng adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Bandung. Biasanya disajikan menggunakan saus kacang yang lezat dan kecap manis. Batagor dapat sering Anda jumpai di pedagang kaki lima ataupun di restoran terkemuka karena rasanya yang sangat lezat.

Walaupun kebanyakan masyarakat lebih menyukai makanan mancanegara, kita harus tetap menjaga budaya kita, termasuk makanan khas kita agar tetap terjaga keasliannya. Sebenarnya, makanan Indonesia yang telah disebut di atas mudah sekali untuk dipelajari sehingga Anda dapat mencoba membuatnya di rumah untuk sekeluarga. Tunggu apa lagi, ayo coba belajar memasak makanan – makanan yang terlezat di Indonesia sekarang juga. Jangan lupa untuk sambil menikmatinya! Asyik!

(Visited 1,003 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *