May 16, 2016

11 Tips Agar Mata Anda Sehat

Share artikel ini

Ingin menjaga mata Anda tetap sehat? Kebiasaan sehari-hari ini akan membantu Anda melihat masa depan yang jelas. Simak tips-nya!

Mata yang sehat tentu diinginkan oleh semua orang, namun ada banyak penyakit mata yang dapat mengganggu penglihatan Anda dan juga dapat menyebabkan kebutaan. Untungnya, sebagain besar hal itu bisa dicegah dengan mengikuti tips ini. Bagaimana cara untuk menjadikan mata Anda tetap sehat?

Yang harus Anda lakukan

1. Memakai kacamata hitam di luar ruangan. Percaya atau tidak, mata Anda bisa “terbakar matahari”. Sinar ultraviolet (UV) tak hanya merusak kulit, namun juga dapat merusak permukaan mata. Sinar UV meningkatkan risiko terjadinya katarak, penebalan jaringan mata, dan kanker kulit di sekitar mata. Gunakan kacamata dengan lensa lapisan yang melindungi dari sinar UV (lensa polarized).

2. Bermain aman dengan lensa kontak Anda. 90 persen pemakai lensa kontak tidak mencuci tangannya sebelum memasang lensa kontak dan sebelum melepaskannya. Hal ini meningkatkan kejadian keratitis (peradangan pada kornea yang dapat diobati) yang ditandai dengan mata merah dan perih. Namun, beberapa infeksi yang berat dapat merusak mata dalam waktu singkat dan permanen.

Lakukan cara mudah: mencuci tangan sebelum Anda menyentuh mata Anda, dan membersihkan wadah lensa kontak dengan air panas setiap minggu. Jika Anda mengalami mata merah dan iritasi, gunakan kacamata terlebih dahulu untuk mengistirahatkan mata Anda.

3. Membilas mata Anda bila ketika terkena zat kimia. Bila mata Anda kemasukan sabun ataupun zat kimia lainnya, segera bilas mata Anda dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Setelah nyeri berkurang, segera kunjungi dokter mata untuk diperiksa.

Yang sebaiknya Anda lakukan

4. Memakai kacamata pelindung (goggle). Anda ingin melakukan pekerjaan halaman atau membersihkan bak mandi? Kacamata pelindung bisa menjaga batu, ranting pohon, bahan kimia agar tidak mengenai mata Anda. Tindakan pencegahan sederhana ini mengurangi risiko cedera permanen pada mata Anda. Gunakan kacamata pelindung yang bersertifikat sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

5. Membuat janji dengan dokter mata. Mulai dari usia 40 tahun, setiap orang harus melakukan pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata. Glaukoma dan degenerasi makula adalah salah satu penyebab kebutaan yang dapat diperlambat bila dideteksi dari dini. Pemeriksaan ini dilakukan setiap dua sampai tiga tahun. Orang dengan penyakit diabetes atau hipertensi juga harus pergi ke dokter mata setiap tahunnya.

6. Berpaling dari cahaya. Ini bukan mitos: menatap benda yang sangat terang, seperti matahari atau laser dapat merusak penglihatan Anda secara permanen walaupun dengan menggunakan kacamata hitam. Melihat matahari terbenam tidak seburuk matahari di waktu lainnya, namun tetap batasi waktu Anda.

7. Membawa kacamata Anda. Lensa kontak bersifat seperti spons, menjebak bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada mata Anda. Dari setiap 500 orang yang memakai lensa kontak, ada satu yang mendapatkan infeksi setiap tahunnya. Jika Anda tiba-tiba mengalami infeksi pada mata, segera lepaskan lensa kontak dan menggantinya dengan kacamata.

Yang Anda bisa lakukan

8. Menggosok mata dengan pelan. Menggosok mata saat terasa gatal dengan kuat dapat menyebabkan kerusakan. Tak hanya akan meregangkan kulit halus di sekitar mata Anda tetapi juga bisa menyebabkan terkikisnya kornea, meningkatkan tekanan bola mata, dan menyebabkan gangguan penglihatan (seperti melihat lingkaran cahaya). Lebih baik Anda mencari tahu penyebab gatal pada mata, misalnya aroma terapi atau kucing tetangga, kemudian hindari penyebabnya.

9. Mengurangi headstand saat yoga. Berdiri dengan kepala Anda di bawah (headstand) pada saat yoga dapat menyebabkan tekanan pada bola mata Anda meningkat. Tingginya tekanan bola mata dapat menyebabkan kerusakan saraf optik dan menyebabkan glaukoma. Pada orang dengan penyakit glaukoma, hindari gerakan ini dan menggantinya dengan gerakan yang lebih lembut saat mengikuti kelas yoga.

(Baca juga: Segarkan Tubuh dan Pikiran Anda melalui Yoga)

10. Ikuti aturan 20-20-20. Menatap layar komputer, ponsel ataupun menonton dapat membuat mata Anda kering. Hal ini dikarenakan Anda berkedip lebih jarang pada saat melakukan kegiatan ini. Mata kering dapat menyebabkan nyeri dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan luka pada kornea dan hilangnya penglihatan.

Untuk mengatasi ini, pertahankan layar lebih rendah dari garis pandang Anda sehingga mata Anda tidak membuka dengan lebar, serta ikuti aturan 20-20-20: setiap 20 menit, istirahat 20 detik dan melihat kejauhan 20 kaki (6 meter). Dengan itu mata Anda dapat beristirahat, kembali fokus, dan lembab karena Anda berkedip-kedip.

11. Dengarkan mata Anda. Ketika Anda mengiris bawang, apakah mata Anda berair? Ini adalah cara mata Anda memberitahu Anda untuk mengubah situasi Anda. Akali dengan cara membuka jendela, atau gunakan kacamata. Bila ada tetangga Anda yang membakar sampah di luar rumah, tutup jendela Anda agar mata terlindungi dari asap.

Baca juga:

Tes Ishihara, Deteksi Dini Buta Warna Pada Anak

Ini Dia Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Anda!

Rahasia Bibir Sehat ala Artis Korea (Kim Jae Kyung ‘Rainbow’)

(Visited 157 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *