August 11, 2015

5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Membuat Kita Bangga

Share artikel ini

Cinta musik dan alat musik tradisional Indonesia termasuk bukti bahwa kamu benar mencintai Indonesia. Kendati demikian banyak orang Indonesia yang justru menyukai musik dan alat musik yang dipopulerkan oleh para artis luar negeri. Tidak semua orang mengenal dan mengetahui bahwa musik dan alat musik tradisional di Indonesia tidak kalah indahnya dengan musik-musik yang dibawa oleh bangsa asing. Bahkan banyak musik dan alat musik tradisional Indonesia yang justru populer di negeri orang. Selain itu banyak orang asing yang justru ingin belajar tentang musik tradisional Indonesia tersebut.

Nah, sebagai orang Indonesia kita wajib mengenal budaya bangsa kita sendiri. Salah satu adalah mengenal alat musik dan musik tradisional Indonesia. Apa saja itu? Mari kita simak beberapa di antaranya.

Alat musik tradisional Indonesia yang membuat kita bangga

1. Gamelan

alat-musik-gamelan-khas-indonesiaGamelan merupakan seperangkat alat musik tradisional yang dimainkan secara bersama-sama oleh suatu kelompok grup musik dan biasa menjadi pengiring lagu tradisonal atau gelar budaya seperti wayang kulit semalam suntuk. Sebenarnya gamelan terdapat di berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Bali, dan Madura. Gamelan ini juga mendapat pengaruh dari sejumlah musik dari negara asing seperti Cina, India, hingga Timur Tengah. Gamelan di luar negeri dipopulerkan oleh kedutaan Indonesia yang biasa menggelar acara budaya Indonesia. Selain itu banyak orang asing yang sengaja datang ke Indonesia untuk belajar alat musik ini.

2. Angklung

Alat musik ini berasal dari tanah Sunda atau Jawa Barat. Kamu dapat memainkan angklung dengan cara menggoyangkan alat musik tersebut sehingga menimbulkan bunyi dari bambu yang saling berbenturan. Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang terkenal hingga mancanegara dan banyak orang asing yang ingin mempelajarinya. Alat musik ini adalah salah satu asal Indonesia yang paling terkenal di dunia. Bahkan UNESCO mengakui angklung sebagai salah satu warisan budaya asli Indonesia.

3. Saluang

alat-musik-saluang-khas-indonesiaSaluang merupakan alat musik tiup khas Minangkabau, Sumatera Barat. Terbuat dari bambu tipis dan termasuk dalam alat musik seruling, tetapi hanya memiliki empat lubang saja. Perlu teknik tersendiri untuk memainkan alat musik ini, yakni meniup dan menarik napas secara bersamaan. Biasanyapeniup saluang terlatih dapat memainkan alat musik tersebut dari awal dari akhir lagu tanpa putus. Saluang dan budaya Minangkabau lainnya diperkenalkan oleh KBRI di Minangkabau Week di Tokyo belum lama ini.

4. Tifa

alat-musik-tifa-khas-indonesiaIni merupakan alat musik yang datang dari daerah Maluku dan Papua. Biasanya alat musik tradisional Indonesia ini dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul. Bentuknya mirip sekali dengan kendang dan juga bedug. Namun alat musik ini terbuat dari batang kayu terukir indah yang bagian tengahnya dihilangkan sehingga menjadi berlubang dan pada salah satu isinya diberikan penutup. Alatpenutupnya adalah kulit rusa yang dikeringkan, yang dipercaya dapat menimbulkan suara yang mantap saat ditabuh.

5. Sasando

alat-musik-sasando-khas-indonesiaSasando ini berasal dari daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik trdisional ini di mainkan denga cara dipetik. Awalnya Sasando disebut sebagai ‘sasandu’ yang berarti alat yang bergetar atau berbunyi. Bentuk sasando ini mirip alat musik petik lainnya, seperti gitar dan kecapi. Namun Sasando memiliki keunikan berupa suara merdu jika dipetik. Uniknya lagi, alat musik tradisonal ini terbuat dari bambu dan daun lontar, dan dawainya terbuat dari kawat halus. Untuk memainkannya diperlukan keterampilan seperti bermain harpa, namun Sasando dimainkan dengan dua tangan secara berlawanan.

Nah, apakah alat musik tradisional Indonesia kesayanganmu ada dalam daftar di atas?

(Visited 2,133 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *