July 17, 2015

5 Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat

5 Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat
Share artikel ini

Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat vital bagi manusia. Otak bisa disebut juga sebagai pusat kerja dalam tubuh kita karena segala aktivitas yang kita lakukan, dasarnya bersumber pada otak. Salah satunya adalah kemampuan kita dalam mengingat sesuatu atau yang biasa disebut sebagai daya ingat. Daya ingat adalah kemampuan untuk menyimpan, mengolah dan meningkat kembali informasi yang diserap oleh otak. Daya ingat pada seseorang memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia sehingga tingkat daya ingat seseorang perlu dijaga dan ditingkatkan. Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia, faktor penuaan dapat menyebabkan dapat menyebabkan melemahnya daya ingatan.

Namun, apakah kita dapat tetap dapat menjaga dan meningkatkan daya ingat kita? Tentu saja bisa, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi yang dapat meningkatkan kerja otak. Pernahkah Anda mendengar istilah “You are what you eat”? Makanan yang Anda konsumsi berperan besar dalam memberi nutrisi yang ada dalam tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda.

1. Sayuran hijau

Sayuran memang merupakan sebuah makanan yang kebanyakan tidak disukai oleh orang – orang. Namun, memang segala makanan yang biasanya tidak enak itu justru sangatlah sehat. Begitu juga sebaliknya! Studi menunjukkan dengan mengonsumsi sayuran hijau dapat meningkatkan daya ingat karena sayuran hijau mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin dan mineral. Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sayur juga memiliki antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga sel-sel otak agar tetap sehat.

2. Ikan

Sumber lemak yang terdapat pada ikan mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Asam lemak omega 3 ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi sel otak dalam mempertajam ingatan seseorang. Asam lemak Omega-3 banyak dijumpai pada ikan laut, seperti ikan sardin, haring, makarel, salmon, tuna, dan teri.

Asam lemak yang terdapat dalam ikan laut adalah asam lemak yang bersifat tidak jenuh ganda yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak balita serta dapat mengatasi penyakit jantung. Selain itu, ikan juga mengandung vitamin A dan D yang baik untuk tubuh!

3. Telur

Tahukah Anda bahwa telur termasuk dalam salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya ingat? Selain harganya yang relatif murah, telur dipercaya dapat meningkatkan daya ingat. Kolin adalah yang zat yang terkandung dalam kuning telur yang dapat membantu meningkatkan memori atau daya ingat Anda. Telur juga dapat meningkatkan perkembangan IQ (Intellingence Quotient) pada anak.

4. Buah berry

Berdasarkan penelitian Dr. Elizabeth Devore dari Harvard Medical School tentang asupan berry yang berkaitan dengan penurunan daya ingat pada lansia  menunjukkan bahwa stroberi dan buah berry lainnya memiliki kandungan yang bisa meningkatkan daya ingat ketika usia senja nanti.

Buah berry seperti stroberi, raspberry, blueberry, blackberry dan juga cranberry adalah buat kecil yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang tinggi yang dipercaya dapat mencegah penyakit kanker. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa ekstrak yang terdapat pada buah berry memiliki kemampuan untuk menambah daya ingat. Anda tak harus memakannya secara utuh, Anda dapat memvariasikan seperti dibuat jus atau pun dikombinasikan dalam es buah.

5. Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu dari makanan yang dapat meningkatkan daya ingat. Kacang mengandung asam amino, protein dan juga berbagai macam mineral seperti magnesium, zat besi, fosfor, dll.

Bioflavonoid yang terkandung dalam kacang dapat membantu memperlancar aliran darah di dalam otak yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatan kesehatan otak. Vitamin B2 & B3 di dalam kacang juga dapat membantu memicu aktivitas kerja otak dan fungsi daya ingat. Kacang juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Semua makanan harus diimbangi, jangan hanya karena suka dengan salah satu jenis makanan diatas anda hanya memakan yang itu saja. Ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik, maka dari itu, kita harus menyeimbangkannya. Semoga postingan ini dapat membantu Anda. Semoga berhasil!

(Visited 143 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *