September 8, 2015

5 Manfaat Belajar Menjahit

Share artikel ini

Lebih baik membeli baju-baju keren di Mall daripada menjahit baju sendiri. Hal tersebut biasa dilakukan oleh sebagian besar manusia modern saat ini. Pada zaman yang serba praktis dan semua hal bisa Anda dapatkan, termasuk berbagai kebutuhan sandang  yang dapat dengan mudah Anda temukan di pasar dan pusat perbelanjaan. Tidak jarang generasi muda saat ini berpikiran bahwa menjahit baju sendiri adalah suatu hal yang kuno dan hanya nenek-nenek yang masih mau melakukannya. Namun tahukah Anda bahwa belajar menjahit baju sendiri itu banyak sekali manfaatnya, sehingga kita tidak lagi tergantung oleh baju-baju yang ada di pasaran. Yuk, kita simak bersama apa saja manfaat belajar menjahit.

Manfaat Belajar Menjahit

1. Belajar menjahit akan membuat Anda lebih mandiri

Coba pikirkan kalau Anda bisa menjahit baju sendiri! Anda akan belajar lebih mandiri dibandingkan sebelumnya. Baju-baju yang Anda pakai merupakan hasil jahitan Anda sendiri. Tidak perlu tergantung pada siapa pun, baik para penjahit baju atau baju-baju yang dijual di pusat perbelanjaan. Selain itu juga perasaan puas saat mengenakan baju buatan sendiri.

 

2. Lebih hemat!

Baju buatan sendiri lebih hemat daripada membeli baju yang ada di Mall. Coba pikirkan dengan bahan baju yang sama dan sedikit kerja keras, Anda akan menghasilkan satu baju pesta yang cantik. Jadi mengapa Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan baju bagus di Mall, kalau Anda bisa membuatnya sendiri. Misalnya saja baju pesta akan dijual paling tidak Rp.500.000,- di butik baju, sedangkan jika Anda menjahitnya sendiri modal yang Anda keluarkan hanya separuhnya saja. Hemat bukan?

3. Anda tidak akan bertemu seseorang dengan baju yang sama di jalan

Bertemu dengan seseorang yang memakai baju yang sama dalam suatu pesta mungkin menjadi peristiwa yang memalukan, terutama pada kaum hawa. Dijamin Anda tidak akan merasa nyaman dengan adanya ‘kembaran Anda’ di pesta tersebut. Padahal baju tersebut merupakan baju ‘limited edition’ yang Anda beli jauh-jauh di Singapura. Justru Anda bertemu dengan pemakai baju yang sama di tengah-tengah acara  yang Anda yakini tidak ada yang menyamai baju Anda. Berbeda halnya jika Anda mengenakan baju pesta unik buatan sendiri, dijamin Anda tidak akan menjumpai ‘kembaran Anda’ tersebut selain tatapan kagum dari orang-orang di pesta tersebut. Anda bisa membuat baju yang unik, dengan ukuran dan warna yang Anda inginkan, tanpa ada yang menyamai.

 

4. Sisi Kreatif Anda akan makin terasah

Apakah Anda menjahit dengan menggunakan mesin jahit atau jahitan tangan, ada sesuatu yang positif di balik hal tersebut, yakni kreativitas.  Dengan belajar menjahit, Anda juga akan lebih kreatif untuk mengembangkan berbagai ide-ide unik Anda. Adanya sentuhan baju jahitan sendiri yang penuh dengan imajinasi Anda, yang  tidak akan Anda temukan di baju buatan pabrik.

5. Bisnis Anda bisa berawal dari ‘Mesin Jahit’

Percaya atau tidak, banyak usaha pakaian jadi dan butik terkenal yang berawal dari sebuah mesin jahit milik sendiri. Bisa saja banyak orang yang mulai mengagumi baju yang  Anda kenakan. Di saat mereka bertanya, “Di mana beli baju cantik ini?” Mungkin ini adalah awal dari kerajaan bisnis Anda di masa depan.

 

Bagaimana belajar menjahit?

Jika Anda ingin belajar menjahit, Anda tidak perlu khawatir untuk memulainya. Belajar menjahit itu tidak sulit, karena banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat menjahit. Seperti dengan menyediakan alat sederhana dan belajar menjahit melalui blog atau media sosial yang memberikan berbagai macam tahapan menjahit untuk pemula. Bahkan video tutorial tentang belajar menjahit juga banyak tersedia di internet. Mudah bukan?

Selain itu jika Anda ingin belajar menjahit secara mendalam, Anda dapat mengambil les atau kursus menjahit. Pilih saja kursus menjahit dengan durasi waktu yang singkat, misalnya kelas menjahit untuk 6 bulan. Dalam waktu singkat tersebut Anda akan belajar dasar-dasar menjahit, bagaimana menggunting pola, bagaimana menjahit zigzag, dan lain sebagainya. Paling tidak Anda dapat memasang kancing atau menjahit baju Anda yang sobek sedikit tanpa harus pergi ke penjahit. Bahkan dengan hal-hal dasar yang Anda pelahari selama kursus menjahit tersebut, suatu saat nanti Anda akan memiliki bisnis rumahan sendiri.

 

Di mana belajar menjahit?

Tidak sulit untuk menemukan lembaga kursus yang menyediakan kursus menjahit saat ini. Banyak kursus menjahit yang dapat dengan mudah Anda temui di kota tempat tinggal Anda. Biasanya kursus menjahit tersebut bisa ditemukan melalui iklan surat kabar atau Anda bisa datang langsung ke tempat kursus tersebut. Selain kursus menjahit yang berada di bawah lembaga atau instansi, saat ini Anda juga dapat mengikuti kursus menjahit yang diselenggarakan oleh beberapa komunitas menjahit populer saat ini. Anda akan mendapat bimbingan langsung dari pakarnya menjahit atau blogger kenamaan. Nah, tertarik untuk belajar menjahit?

(Visited 5,261 times, 14 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *