February 8, 2016

5 Tempat Yang Menarik Dikunjungi Saat Imlek

Share artikel ini

Suasana yang meriah saat perayaan Imlek dapat kita temukan di berbagai tempat di Indonesia. Bukan hanya warga China yang merayakan Imlek dengan bersembahyang di vihara atau Klenteng, masyarakat awam pun ingin menikmati kemeriahan suasana Tahun Baru China itu. Lalu di mana saja tempat yang menarik untuk dikunjungi saat perayaan Imlek?

#1. Klenteng Sampo Kong, Semarang

Klenteng Sampo Kong yang terletak di Simongan sebelah barat daya kota Semarang ini menjadi tempat tujuan wisata dan persembahyangan yang harus dikunjungi saat Imlek. Gedong Batu Sam Po Kong yang didominasi dengan warna merah merupakan petilasan atau bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana China bernama Zheng Ho (Cheng Ho) atau juga dikenal sebagai Sam Po Tay Djien. Di tempat ini terdapat patung Cheng Ho di antara komplek bangunan yang khas dari klenteng.

Klenteng-Sam-Poo-Kong-Semarang-Indonesia

Di kompleks gedung ini masyarakat awam pun dapat menikmati suasana kemegahan klenteng dengan duduk di halamannya yang teduh. Beragam pernak-pernik souvenir khas Klenteng Sam Po Kong juga disediakan seperti gantungan kunci dan T-shirt juga ada batik khas Semarang. Sedangkan bagi yang akan melaksanakan persembahyangan dapat dilakukan di sayap kanan bangunan-bangunan itu.

Pada malam Imlek dan Cap Go Meh banyak yang datang berbondong-bondong ke Klenteng Sampo Kong atau yang disebut juga dengan Gedong Batu. Mereka ada yang bersembahyang dan ada pula yang datang untuk menyaksikan aneka pertunjukan rakyat dan wayang kulit sejak malam hingga dini hari.

(Baca juga : 5 Tempat Liburan Asyik di Jawa)

#2. Vihara Dharmayana, Kuta, Bali

Jika berkunjung ke Bali di saat perayaan Imlek, datanglah ke vihara Dharmayana, Kuta Bali. Tempat ibadah yang terletak di jalan Blambangan Kuta ini memag tidak terlihat mencolok di antara lalu lintas tempat wisata Kuta yang padat. Di areal vihara itu terdapat tiga bangunan utama yaitu (1) altar Shen Bing utama Ym Kongco Tan Hu Cin Jin, (2) altar Budha dan Kwan Im dan (3) dan gedung aula di belakangnya.

Vihara-Dharmayana-Kuta-Bali

Di dalam klenteng yang telah berdiri sejak tahun 1876, terdapat pendopo kecil altar Four Face Buddha atau biasa di sebut Si Da Tian Wang dengan kolam ikan dan kura-kura air di bawahnya. Ada tiga pintu masuk ke Vihara Dharmayana dengan atap tumpang atau susun tiga. Di puncak atap terdapat stupa berwarna keemasan, sedangkan tulisan sebagai penandan vihara Dharmayana Kuta ada di atas pintu masuk tengah. Pada kiri kanan dinding luar terdapat relief lukisan dengan latar belakang singa penjaga dan tiang teras vihara yang dibelit oleh seekor naga hijau. Di Klenteng ini juga dipajang foto-foto klenteng di Jawa, Bali dan Lombok.

Yang menarik dari klenteng Dharmayana Kuta Bali adalah persembahyangan yang dilakukan mengadaptasi gaya masyarakat Bali sehingga akan terasa suasana khas Bali yang semakin kental.

Antara lain ditandai dengan sesaji dan dupa yang digunakan sangat khas Bali. Lokasi vihara Dharmayana ini berada di jantung wisata Kuta sehingga sangat mudah menjangkau tempat-tempat wisata seperti pantai Kuta, Beachwalk, ground Zero atau pun sekadar belanja souvenir maupun makanan di sepanjang jalan di Kuta.

(Baca juga : 5 Destinasi Wisata di Indonesia)

(Visited 393 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *