September 18, 2015

5 Tips Ampuh Membangun Rasa Percaya Diri

Share artikel ini

Percaya diri merupakan langkah awal menggapai kesuksesan. Orang-orang yang memiliki rasa percaya diri dalam tindakan dan ucapannya sering mendapatkan kekaguman dari banyak orang. Bagaimana kita membangun rasa percaya diri?

Mereka mendapatkan kekaguman, tanggapan yang baik, dan lebih mudah dalam menggapai keinginannya. Bahkan orang-orang yang penuh percaya diri mampu menginspirasi orang lain agar lebih baik dari sebelumnya.

Singkatnya, berbagai hal positif muncul dari orang-orang yang penuh rasa percaya diri ini. Tapi sayangnya, tak semua orang cukup percaya diri untuk tampil di muka umum atau mengemukakan pendapatnya.

Tidak jarang rasa percaya diri itu lenyap dan berubah menjadi kepanikan saat Anda harus tampil dalam presentasi penting. Agar tidak mudah panik dan grogi, ada baiknya Anda membangun rasa percaya diri yang dapat mengubah hidup Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Berikut 5 tips ampuh untuk membangun rasa percaya diri:

1. Jauhilah yang negatif dan dekatkan yang positif

Ini adalah saat yang tepat untuk menginstropeksi Anda dan orang-orang yang terdekat, termasuk teman-teman dan keluarga. Meski sulit, tapi harus dipertimbangkan untuk menjauhi orang-orang yang membuat rasa percaya diri Anda tidak dapat berkembang.

Untuk sementara jauhi teman-teman yang sering membuat Anda minder. Anda harus melangkah dengan lebih percaya diri.

Terus berpikiran positif saat berinteraksi dengan orang lain. Berhenti mengeluh terhadap masalah dalam hidup Anda, lebih baik fokus pada solusi dan membuat perubahan positif.

2. Ubah bahasa tubuh dan penampilan Anda

Ini adalah tentang postur, tersenyum, kontak mata, dan kata-kata mencerminkan rasa percaya diri Anda.

Seperti berdiri dengan tegak dan tidak membungkukkan bahu akan memberikan kesan pada orang lain bahwa Anda orang yang percaya diri. Tersenyum tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tapi membuat orang lain merasa nyaman berada di dekat Anda.

Dua hal ini saja cukup mengesankan bahwa Anda adalah orang yang penuh percaya diri. Selain itu, memandang mata lawan bicara dan bukan memandang ke arah lain, juga menunjukkan kepercayaan diri. Terakhir, bicaralah dengan perlahan. Riset membuktikan bahwa orang yang berbicara perlahan dan jelas akan terlihat lebih percaya diri.

Jangan lupa untuk memperhatikan penampilan Anda. Seperti mengenakan busana yang sopan dan rambut yang tertata rapi. Hal ini tidak saja membuat Anda merasa lebih baik, tapi juga membuat orang lain menilai diri Anda sebagai sosok yang sukses dan penuh percaya diri.

3. Jangan terima kesalahan dan buang semua suara sumbang dari benak Anda

Jangan pernah menyerah. Jangan terima kesalahan. Ini adalah solusi untuk semua hal.

Jadikan ini sebagai mantra penyemangat Anda. Keberhasilan melalui semangat tak pernah menyerah akan meningkatkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri yang rendah disebabkan oleh pikiran negatif di otak Anda. Jika Anda sering berpikiran bahwa Anda kurang cantik, kurang menarik, atau tidak mampu untuk menyelesaikan semua pekerjaan, maka buang jauh-jauh pikiran negatif itu. Anda akan menjadi apa yang ada di dalam pikiran Anda.

Jadi kalau Anda mendengar suara-suara sumbang di benak Anda, cepat ganti dengan pikiran positif dan wujudkan apa yang positif tersebut dalam kehidupan nyata. Hal tersebut akan membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda dengan cepat.

4. Persiapkan semuanya

Pelajari semua hal yang berkaitan dengan bidang pekerjaan Anda, presentasi, hingga hobi, dan semua hal yang perlu Anda lakukan. Anda juga dapat mencatatnya dalam daftar di agenda. Jika telah menyiapkan semuanya, Anda akan memiliki sesuatu untuk berjaga-jaga dari semua kemungkinan yang akan terjadi. Jadi, rasa percaya diri Anda juga akan meningkat seiring dengan semua hal yang telah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

5. Buatlah daftar kehidupan Anda  yang luar biasa

Hidup penuh dengan kejutan dan ada kalanya Anda merasa kesulitan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Duduklah dengan tenang dan tulis daftar semua hal dalam kehidupan Anda yang membuat Anda merasa bersyukur, dan hal-hal lainnya yang membuat Anda bangga.

Setelah selesai, tempelkan  daftar kehidupan Anda yang luar biasa  tersebut di tempat-tempat yang mudah terlihat, misalnya di pintu kulkas, cermin di kamar Anda, dan pintu kamar. Dengan membaca daftar tersebut Anda akan merasa sebagai orang yang paling berbahagia dan bersyukur dengan segala hal hebat yang terjadi di kehidupan Anda. Belum tentu orang lain juga mengalami hal-hal hebat tersebut. Selain merasa lebih bersyukur, Anda juga akan merasa lebih percaya diri.

5 tips tersebut diharapkan dapat membantu untuk membangun rasa percaya diri Anda. Dengan demikian langkah Anda menuju sukses akan terbuka lebih lebar. Anda pernah mengalami perasaan kurang percaya diri? Yuk, share dengan menuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga:

Kembangkan Sikap Mental Positif Anda

Faktor Keberhasilan Dalam Hidup 

10 Kebiasaan Orang Sukses yang Dapat Anda Tiru

Karena 13 Hal Inilah Yang Membuatmu Jauh Dari Kesuksesan Di Waktu Muda

(Visited 142 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *