April 5, 2016

5 Tips Lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi dengan Mudah

Share artikel ini

Bagi kamu yang berada di bangku SMA dan saat ini sedang menjalani Ujian Negara (UN), apa persiapanmu untuk ke jenjang universitas yang kamu incar? Sukawu punya tips dan trik supaya kamu bisa masuk ke universitas favorit.

1. Tentukan Pilihan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jurusan atau fakultas yang kamu inginkan sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Salah menentukan jurusan akan membuatmu menyesal di kemudian hari.

Misalnya kamu memiliki minat dan bakat di bidang bahasa, namun ternyata kamu diterima di jurusan akuntansi. Akibat salah jurusan ini membuatmu menjalaninya dengan setengah hati, dan ketika sudah lulus ilmu yang sudah dipelajari bisa-bisa tidak diterapkan pada dunia kerja. Cari tahu minatmu sendiri, dan jangan dipengaruhi oleh orang lain.

(Baca juga: Memilih Antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS))

2. Perbanyak Latihan Soal

Bila kamu mendaftarkan diri ke pergutuan tinggi negeri (PTN), maka kamu harus mengkuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ketika diperhatikan, soal SBMPTN dari tahun ke tahun memiliki pola yang sama. Itulah sebabnya latihan soal sangat penting agar kamu terbiasa dengan tipe soal ujiannya.

Kamu bisa mendapatkan soal-soal ini dari toko buku atau bahkan mengikuti kursus persiapan ujian masuk universitas. Saat belajar, hilangkan pikiran “saya sudah bisa bagian ini” dan tetap tekun mengerjakan latihan soal dengan semangat.

(Baca juga: 6 Perbedaan Ujian SNMPTN dan SBMPTN)

(Visited 516 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *