September 21, 2016

8 Pahlawan Bulu Tangkis Indonesia yang Melegenda

8 Pahlawan Bulu Tangkis Indonesia yang Melegenda
Share artikel ini

Sejak tahun 1930-an, bulu tangkis sudah diperkenalkan di Indonesia. Walaupun saat itu belum banyak peminatnya, namun di sinilah awal mulanya bibit-bibit pebulu tangkis Indonesia.

Pada tanggal 5 Mei 1951 terbentuklah Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang menaungi olahraga bulu tangkis di Indonesia. Lalu pada tahun 1953 PBSI bergabung dengan IBF (International Badminton Federation) yang merupakan wadah olahraga bulu tangkis internasional.

Sejak bergabung dengan IBF, Indonesia memberanikan diri untuk menguji kemampuan permainan bulu tangkis dalam ajang pertandingan internasional seperti Thomas Cup, All England dan Olimpiade.

Tahun 1970–1990an menjadi tahun keemasan Indonesia dalam pertandingan bulu tangkis tingkat dunia. Banyak atlet Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia ke seluruh dunia.

Siapa sajakah para pahlawan bulu tangkis tersebut? Berikut 8 pahlawan bulu tangkis Indonesia yang melegenda.

1. Rudy Hartono

01 rudy hartono

Indonesia sangat bangga dengan perjuangan Rudy Hartono dalam setiap pertandingan bulu tangkis tingkat internasional. Prestasi yang paling membanggakan bagi putra Indonesia adalah dengan berhasilnya Rudy Hartono meraih 7 kali gelar juara All England secara berturut-turut, sekaligus sebagai pemegang rekor dunia All England.

Tidak hanya berprestasi di All England namun Rudy Hartono juga telah berhasil meraih juara di ajang Thomas Cup dan World Cup.

2. Liew Siew King

02 liem siew king

Sebagai atlet bulu tangkis Indonesia, nama Liem Siew King juga merupakan salah satu pahlawan olahraga bulu bulutangkis karena prestasi yang telah diraihnya. Liem Siew King sangat terkenal dengan smash-nya yang membuat lawan bertekuk lutut menghadapinya. Prestasi yang pernah diraihnya adalah memenangkan All England sebanyak 3 kali berturut-turut, oleh sebab itu ia dianggap sebagai penerus Rudy Hartono.

Bentuk kebanggan Indonesia terhadap Liem Siew King juga ditunjukkan dengan membuat film tentang perjuangannya menjadi pahlawan bulu tangkis Indonesia dengan judul ‘KING’.

3. Alan Budikusuma

03 alan budikusuma

Nama Alan Budikusuma memang terkenal karena menjadi atlet bulu tangkis pertama dari Indonesia yang berhasil mendapat emas pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Alan Budikusuma memang tidak banyak menorehkan prestasi seperti rekan sebelumnya namun beliau berhasil mendapatkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Jasa Utama. Penghargaan ini juga pernah diberikan kepada Rudy Hartono dengan prestasi yang dimilikinya.

4. Susi Susanti

04 susi susanti

Susi meraih medali emas bersama dengan kekasihnya, Alan Budikusuma (sekarang suaminya) pada ajang Olimpiade 1992 di Barcelona. Selain itu, prestasi yang ia dapatkan adalah juara pada Sudirman Cup, juara pada Uber Cup sebanyak 2 kali, dan juara dunia sebanyak 6 kali.

5. Hariyanto Arbi

05 hariyanto arbi

Prestasi yang pernah diraih oleh Haryanto Arbi sangat membanggakan Indonesia karena ia telah meraih beberapa kali meraih beberapa gelar seperti 2 kali juara All England, 4 kali juara Thomas Cup, 2 kali juara dunia dan masih banyak beberapa prestasi lainnya.

Haryanto Arbi pun terkenal dengan smash-nya yang sangat kuat yang menyerupai Liem Siew King sehingaga ia pun mendapatkan julukan ‘SMASH 100 WATT’.

6. Rexy Mainaky & Ricky Subagja

06 rexy ricky

Pasangan ganda pria yang lahir dari salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata, merupakan pasangan ganda terbaik dan tersukses pada masanya.

Mereka dikenal dengan kecepatan, kekuatan pukulan, refleks, dan juga kekompakannya. Dengan total menjadi juara lebih dari 30 kali, selama itu pula pasangan Rexy/Ricky berhasil menjuarai semua kejuaraan bulu tangkis besar yang pernah diadakan.

7. Taufik Hidayat

Sosok pahlawan bulu tangkis Indonesia ini bisa dibilang sebagai pembangkit jayanya bulu tangkis Indonesia. Hal ini dikarenakan setelah sekian lama Indonesia tidak menunjukkan kehebatannya, akhirnya kedatangan Taufik Hidayat mampu mengharumkan kembali nama Indonesia. Ia berhasil mendapatkan medali emas di Olimpiade Athena pada tahun 2004, dan berhasil meraih 6 kali juara Indonesia Open. Dengan prestasi yang dimilikinya maka ia dinobatkan sebagai pahlawan bulu tangkis Indonesia.

8. Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir

08 totowi liliyana

Pasangan bulu tangkis Indonesia ini adalah pahlawan bulu tangkis yang terbaru yang dimiliki Indonesia karena keberhasilannya mendapatkan emas di Olimpiade Brazil. Sebelumnya memang belum terlalu banyak prestasi internasional yang diraihnya namun tetap dianggap sebagai pahlawan karena berhasil menghidupkan kembali kejayaan bulu tangkis Indonesia. Mereka berdua merupakan satu-satunya pasangan ganda campuran Indonesia yang menorehkan prestasi tingkat internasional.


Itulah beberapa para pahlawan bulu tangkis Indonesia yang telah mengharumkan negara kita. Bermain bulu tangkis tak hanya untuk menjadi atlet, namun juga menjadi hobi dan menjaga kesehatan.

Ingin mencoba belajar bulu tangkis? Yuk cari tempat pelatihan bulu tangkis di Sukawu.com!

(Visited 795 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *