August 15, 2015

Apa Itu Food Styling?

Share artikel ini

Setiap orang membutuhkan makanan tetapi orang cenderung malas memasak dan lebih menyukai makan di restoran sehingga membuat bidang kuliner semakin meningkat. Dengan meningkatnya bisnis kuliner, pebisnis memikirkan bagaimana cara agar dapat menarik pelanggan untuk makan di restorannya, lokasi yang strategis, tempat yang menarik dan cita rasa yang lezat memang penting namun visualisasi makanan yang ditampilkan juga tak kalah penting.

Pastinya jika Anda sebelum memasuki sebuah restoran yang belum Anda coba sebelumnya, Anda akan melihat-lihat buku menu terlebih dahulu bukan?
Jika gambar dalam buku menu tidak terlihat menarik, maka akan membuat pelanggan ragu-ragu untuk makan di restoran tersebut. Maka dari itu, visualisasi makanan sangatlah penting untuk menarik perhatian pelanggan.

Pernahkah Anda melihat foto makanan yang terlihat sangat menggiurkan sampai-sampai membuat Anda merasa lapar? Anda bingung bagaimana foto makanan itu terlihat begitu lezat? Jawabannya adalah food styling. Apa sih itu food styling? Food styling adalah seni menata dan menghias makanan agar terlihat lebih menarik dan menggoda. Orang yang bekerja dalam bidang ini disebut food stylist. Food stylist tidak harus pandai memasak, karena food stylist dan koki merupakan pekerjaan yang berbeda. Kalau koki lebih menfokuskan pada cita rasa makanan, sedangkan food stylist lebih kepada bentuk dan keindahan suatu makanan agar dapat memikat mata.

Banyak pebisnis bidang kuliner menggunakan jasa food stylist untuk mempromosikan menu makanan yang ada direstorannya dalam bentuk gambar maupun video. Mengingat zaman yang serba menggunakan teknologi, para pebisnis kuliner memasukkan gambar hasil foto atau video food stylish kedalam sosial media, agar banyak orang mengetahui keberadaan restorannya serta tertarik untuk mencoba hidangan restoran tersebut. Video hasil karya dari food stylist biasanya dipasang sebagai iklan di stasiun tv maupun di jalanan yang digunakan untuk menarik pelanggan. Foto hasil potretan foodstylist biasanya dipajang di iklan, majalah, dan sosial media.

Pekerjaan food stylist membutuhkan kreativitas seni yang tinggi. Food stylist tidaklah semudah yang Anda pikirkan. Mulai dari cara pengaturan makanan dalam piring, pencahayaan dan background atau latar belakang sampai sudut foto agar gambar terlihat lebih rapih dan menarik.

(Visited 934 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *