August 8, 2015

Apakah Makanan Anti-Gluten Yang Lezat?

makanan anti-gluten yang lezat
Share artikel ini

Apakah itu gluten? Gluten adalah sebuah zat yang terdapat dalam biji-biji gandum seperti sereal dan makanan lainnya yang bertugas untuk menjaga keelastisan tekstur adonan.Gluten memang tidak akan menimbulkan masalah ataupun alergi pada orang dengan kesehatan normal. Namun, gluten dapat menimbulkan masalah jika dimakan oleh orang yang sensitif terhadap gluten atau orang yang mengidap celiac disease.

Celiac disease adalah sebuah penyakit yang membuat penderitanya kesulitan atau tidak bisa memakan gluten seperti protein yang terdapat dalam gandum, rye atau gandum hitam serta barley atau jelai. Hal ini menyebabkan respon imun menyerang usus kecil sehingga menyebabkan kerusakan pada vili. Vili adalah struktur berbentuk jari-jari kecil yang melapisi permukaan dalam usus kecil yang bertugas untuk menyerap pencernaan makanan. Sehingga ketika vili rusak, maka nutrisi tidak dapat diserap dengan baik ke dalam tubuh.

Salah satu cara pengobatan untuk mengobati penyakit ini adalah dengan menghindari makanan yang mengandung gandum dan terigu seperti roti, makanan yang dipanggang, sup, pasta, sereal, saus dan saus salad serta makanan yang mengandung jelai seperti malt, pewarna makanan, sup, cuka malt dan bir.

Jika Anda mengidap penyakit ini ataupun tidak toleran terhadap gluten, Anda tidak perlu khawatir jika Anda berpikir bahwa Anda harus makan makanan yang tidak enak setiap harinya. Anda dapat mengurangi ataupun meniadakan gluten tanpa menghilangkan cita rasanya.

Berikut ini adalah beberapa resep favorit yang dapat membantu Anda dalam memasak makanan tanpa gluten yang lezat.

1. Nasi Lemak

Jika Anda juga merupakan seorang vegan, nasi lemak yang terbuat dari kelapa dapat menjadi pilihan Anda. Selain mudah untuk dibuat, nasi ini memiliki aroma dan cita rasa yang kuat sehingga dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Nasi

  • Mentega

  • Minyak kelapa

  • Kelapa parut

  • Bawang

  • Bumbu (garam dan lada)

Pertama-tama olesi mentega dalam wajan yang telah Anda siapkan, masukkan nasi dan minyak kelapa. Aduk hingga rata dan masak selama 5 menit. Setelah itu, masukkan kelapa parut dan bawang ke atas campuran nasi. Bumbuilah secukupnya dengan garam dan lada. Aduk hingga rata dan biarkan selama 5 menit. Nasi lemak Anda telah siap untuk dihidangkan.

(Visited 142 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *