January 9, 2016

Bagaimana Orang Sukses Menjalani Akhir Pekan Mereka?

Share artikel ini

Mungkin sudah banyak informasi maupun saran mengenai kebiasaan kerja dari sejumlah orang sukses. Mulai dari kebiasaan bangun tidur pagi hari hingga aktivitas berangkat ke kantor. Namun apakah orang sukses itu tetap bekerja pada akhir pekan?

Tentunya tidak akan, karena seseorang tetap membutuhkan life balance baik untuk keluarga maupun bagi diri sendiri. Sebenarnya banyak pilihan yang dapat dilakukan ketika tiba akhir pekan, agar dapat menghibur diri dan membuat pikiran lebih segar. Namun dari hasil survey, sebagian besar dari kita melampiaskan jam beristirahat selama hari kerja dengan tidur lebih lama pada akhir pekan.

Aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan life balance Anda, setelah menghabiskan waktu seminggu untuk bekerja?

1. Browsing ataupun Bisnis Online

Mengapa posisi ini kami tempatkan di posisi pertama? Karena begitu besarnya kebutuhan hidup saat ini, banyak masyarakat memanfaatkan akhir pekan untuk bisnis sampingan atau sekedar browsing online. Aktivitas ini dapat dilakukan saat santai di rumah dan cukup efektif untuk mencari tambahan sampingan. Anda pun bisa relax dan mencari produk yang menarik.

2. Bangun Pagi Hari

Orang yang sering bangun pagi cenderung lebih kecil mengalami perubahan suasana hati di pagi hari atau yang disebut ‘early morning blues’. CEO Disney, Robert Iger, ternyata tetap bangun pagi di akhir pekan. Penelitian memang menunjukkan, orang yang bangun pagi itu cenderung memiliki pemikiran yang lebih tajam. Banyak aktivitas bangun pagi yang dapat dilakukan pada akhir pekan seperti pergi ke gym atau berolah raga, karena jika Anda tidak dapat berolahraga selama 5 hari kerja, maka Anda perlu untuk bergerak aktif di akhir pekan untuk menebus waktu-waktu tersebut.

3. Meluangkan Waktu untuk Hobi

Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet, senang bermain ukulele pada akhir pekan. Begitu juga dengan mantan presiden Amerika, George W. Bush, senang menghabiskan waktu luangnya untuk melukis. Orang-orang sukses di dunia menggunakan setiap kesempatan yang mereka miliki untuk melakukan sesuatu yang mereka suka, karena mereka tahu betul bahwa waktu luang tersebut akan sulit didapatkan kembali. Memprioritaskan apa yang penting jadi kebiasaan akhir pekan yang dilakukan Steve Jobs. Karena badanmu pun juga perlu istirahat, jadi jangan lakukan pekerjaan yang terlalu berat saat akhir pekan. Baca selanjuntnya untuk tips bagaimana meluangkan waktu untuk hobi.

4. Berkumpul dengan Keluarga dan Kerabat

Ini sangat penting untuk diutamakan pada mereka yang tidak dapat meluangkan banyak waktu bersama orang-orang tercinta selama hari kerja. Nash CEO, Wealthfront, hampir setiap akhir pekan menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman, dia cenderung lebih menyukai adanya keseimbangan dan integrasi antara kehidupan kerja, pribadi, serta keluarga. Sama halnya seperti CEO dictionary.com, Michele Turner, memiliki rangkaian kegiatan seperti memberikan semangat bagi anak-anak yang sedang bertanding olah raga, serta membereskan tugas-tugas rumah tangga dan bersantai di rumah bersama anak-anaknya. Untuk dibaca selanjutnya, inilah tips bagaimana mengatur waktu untuk si sibuk.

5. Merenung atau Meditasi

Ada saat-saat dimana Anda harus diam menyendiri dan merenung. Penulis Roy Cohen percaya bahwa bermeditasi melalui yoga adalah cara yang bagus untuk mencapai ketenangan pikiran. Sementara life coach Marsha Egan mengatakan orang sukses menggunakan akhir pekan mereka untuk merefleksikan prestasi, kegagalan, dan rencana di masa depan.

6. Jangan Memikirkan Pekerjaan

Pada halaman Lifehacks.org, disitu dijelaskan bahwa di zaman serba digital seperti saat ini, kita menjadi terikat setiap hari dengan pekerjaan. Hindarilah, coba untuk berwisata alam dan meninggalkan sejenak suasana kota ramai. Nggak usah jauh-jauh ke luar negeri karena Indonesia pun banyak tempat wisata yang menarik. Anda bisa memanfaatkannya dengan memancing, naik gunung atapun melakukan kegiatan outdoor, dengan tidak mengecek handpone Anda selama itu. Sebuah pengalaman berharga akan Anda rasakan. 

Baca juga:

10 Kebiasaan Orang Sukses yang Dapat Anda Tiru

Faktor Keberhasilan Dalam Hidup

(Visited 204 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *