August 2, 2015

Belajar Matematika Itu Asyik dan Mudah

Share artikel ini

Setiap kali kita mendengar kata “Matematika”, apakah hal yang terlintas di benak kita? Pastinya kita membayangkan pelajaran matematika sebagai pelajaran yang membingungkan, membosankan, menyulitkan serta menakutkan.

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang paling ditakuti oleh para siswa karena mereka biasanya tidak mengerti akan perhitungannya ataupun karena soal cerita yang menyulitkan. Sebenarnya, pelajaran matematika bukanlah sebuah pelajaran yang harus ditakuti atau dihindari apalagi pelajaran matematika akan selalu hadir dalam sekolah, kuliah maupun dalam hidup kita.

Hidup kita? Apakah pelajaran matematika berguna bagi hidup kita?

Matematika di kehidupan kita sehari-hari

Benar sekali, kita memang tidak menggunakan aljabar ataupun kalkulus dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, kita masih menggunakan aspek – aspek dalam matematika dalam kehidupan kita seperti ketika Anda berbelanja, Anda pasti harus mengetahui kembalian yang Anda harus terima agar tidak merugikan diri sendiri. Apalagi saat berbelanja dan ada diskon, Anda harus tahu bukan cara untuk menghitung korting dalam sebuah barang. Bukan hanya sampai disitu, ternyata pelajaran matematika bukan sekedar mencari sebuah variabel konstanta namun pelajaran matematika menerapkan cara untuk mengembangkan logika berpikir Anda dan melatih Anda untuk mencari jalan keluar atau solusi dari sebuah permasalahan.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi setiap individu untuk belajar matematika mulai dari jenjang taman kanak-kanak untuk mengenal angka sampai ke dalam dunia universitas maupun dunia kerja yang membutuhkan matematika dengan tahap lebih lanjut seperti kalkulus tingkat lanjut bagi mahasiswa teknik, arsitektur, dll.

bagaimana belajar matematika asyik dan menyenangkan
Jika anak Anda mengalami kesulitan dalam belajar matematika, Anda harus mulai membimbingnya dari sekarang karena jika anak tidak bisa mengerti konsep dasar dari matematika, ia tidak akan pernah bisa lanjut ke tahap selanjutnya karena semua didasari oleh konsep dasar matematika.

Anda tak perlu khawatir, pelajaran matematika dapat menjadi pelajaran yang sangat mudah dan menyenangkan jika kita mengetahui cara belajar dan metode penyelesaikan soal yang benar. Jangan membenci suatu pelajaran, karena semakin Anda membenci pelajaran tersebut Anda tidak akan dapat menguasai pelajaran tersebut.

Sebagai orang tua, ada baiknya jika Anda menerapkan pemikiran bahwa anak Anda dapat berhasil dalam menguasai pelajaran matematika dan matematika adalah pelajaran yang menyenangkan. Pujilah anak Anda jika mereka berhasil dalam mengerjakan soal latihan atau lulus ujian matematika. Hal ini dapat memotivasi mereka untuk terus berlatih mengerjakan soal matematika.

Setiap orang pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Begitu pula dengan cara kerja otak seseorang dalam memahami dan memecahkan sebuah soal. Oleh karena itu, hal ini sangat penting bagi orang tua agar dapat mendaftarkan anaknya ke tempat les yang sesuai dengan kemampuan anak Anda.

Anda pasti pernah mendengar mengenai metode pembelajaran sempoa atau abacus yang sedang marak diberitakan akhir-akhir ini. Namun, apakah Anda masih merasa tidak yakin bahwa metode ini dapat meningkatkan kemampuan matematika anak Anda? Jangan khawatir, kami akan menjawab semua pertanyaan merisaukan yang telah kami kumpulkan sebagai berikut.

tips belajar matematika mudah
Sebelum itu, mari kita simak bersama-sama tentang apa yang dimaksud dengan metode sempoa atau yang bisa juga disebut sebagai metode abacus.

(Visited 472 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *