November 14, 2015

Cara Menguji Tingkat Kecerdasan Anak Sejak Dini

Share artikel ini

Sebagai orang tua terkadang kita tidak sabar ingin mengetahui tingkat kecerdasan anak kita.

Hal ini adalah penting bagi mereka karena dengan mengetahui kecerdasan anak, kita dapat mengetahui cara untuk mengarahkan minat dan bakatnya sang anak yang akan menjadi bekal sukses kehidupannya di ngasa depan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan kecerdasan?

Inteligensi atau kecerdasan adalah kapasitas yang dimiliki individu, sehingga memungkinkan seseorang untuk belajar, bernalar, memecahkan masalah, dan melakukan tugas-tugas kognitif lainnya.

Meskipun para ahli terutama di bidang psikologi belum mampu merumuskan istilah inteligensi dengan tepat, sudah banyak usaha yang dilakukan untuk melakukan pengukuran terhadap inteligensi bahkan sejak awal 1900-an. Ini bermula dari sebuah sekolah di Perancis yang ingin membuat program pendidikan berdasarkan kecerdasan anak agar diperoleh manfaat yang optimal.

Alfred_Binet_IQ

Alfred Binet merancang alat tes untuk mengukur dan menguji tingkat kecerdasan (image source: https://ischool.uw.edu/documents-that-changed-world/alfred-binets-iq-test)

Pengembangan lebih lanjut dari tes ini dengan para ahli dari perguruan tinggi di Amerika Serikat, Stanford University menghasilkan sebuah tolok ukur bernama IQ atau Intelligence Quotient yang diberikan klasifikasi dari tertunda, rata-rata sampai sangat berbakat tergantung dengan hasil nilai atau skor IQ seperti contoh dibawah.

klasifikasi_skor_IQ

Klasifikasi IQ dengan skor uji Stanford-Binet Edisi ke-5 (SB5).

(Visited 2,329 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *