October 14, 2015

Food Photography, Tren Memotret Makanan

Share artikel ini

Saat ini tren memotret makanan sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Lihat saja, berapa kali teman Anda mengunggah foto makanan di sosial media?

Fotonya kadang bagus, adapula justru membuat kita tidak berselera makan makanan yang difoto karena tampak tidak menarik. Itulah sebabnya, perlu kita ketahui trik-trik dalam food photography atau memotret makanan agar makanan tersebut terlihat menarik dan lezat.

Sebenarnya food photography merupakan pekerjaan komersial dengan bayaran yang cukup tinggi karena biasanya dilakukan oleh orang-orang profesional.

Food photography ditujukan untuk memproduksi foto-foto makanan yang menarik untuk iklan, malajah, kemasan, menu, dan buku masak serta keperluan lainnya.

Lantas terciptalah mitos bahwa memotret makanan perlu kamera yang canggih. Anggapan ini belum tentu benar. Kamera DSLR yang banyak diperjualbelikan dengan harga terjangkau sudah dapat digunakan untuk mendapatkan gambar yang lebih baik. Kamera ponsel atau smartphone pun, asalkan kita mau mengekplorasi cara memotret makanan, kita juga bisa mendapatkan gambar yang bagus.

Tips Memotret Makanan atau Food Photography

Adapun tips food photography sebagai berikut agar makanan terlihat menarik dan lezat. Mari simak berikut 10 tips:

1. Gunakan cahaya alami

Cahaya alami lebih bagus digunakan untuk memotret makanan, kecuali Anda memang memiliki studio profesional untuk memotret makanan, maka dapat Anda gunakan cahaya buatan. Karena menggunakan cahaya alami, hindari menggunakan flash kamera atau lampu kamera karena cahayanya tidak menyebar rata pada foto makanan, ada bagian yang tampak menyilaukan atau memantulkan cahaya.

Dalam memotret makanan di atas piring misalnya, yang paling ideal cahaya harus menerangi sebagian piring.

Pilihan lainnya dengan backlight atau cahaya dari belakang obyek, hal ini akan menyebabkan hidangan lebih menarik. Dalam kasus ini cahaya harus datang dari atas, dan di belakang piring, bahkan mungkin sedikit ke samping.

Yang pasti carilah beberapa angle dengan pencahayaan paling pas dengan hidangan itu.

Salah satu contoh pencahayaan yang bagus adalah memotret makanan dekat jendela. Bantuan cahaya alami akan membuat gambar tampak lebih detil.

2. Pakailah tripod

Cobalah gunakan tripod walaupun hanya berukuran kecil atau sederhana. Hal itu berguna agar gambar pada kamera tidak goyang. Kadang secara tidak sadar tangan Anda akan membuat kamera goyang saat memotret, itulah sebabnya dengan menggunakan tripod hal tersebut akan sedikit terjadi atau malah dihilangkan.

Tetapi bila tidak memiliki tripod, juga tidak masalah yang penting Anda bersikap tenang sehingga goyangan kamera yang menyebabkan gambar tampak kabur tidak terjadi.

(Visited 1,001 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *