August 10, 2016

Hal-hal tentang Teknologi yang Bisa Anda Terapkan pada Anak Anda

Share artikel ini

10 Agustus diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) oleh pemerintah Indonesia. Harteknas bertujuan untuk mendorong peningkatan kemampuan iptek yang diikuti penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia.

Pemerintah tidak tinggal diam akan perkembangan teknologi di dunia agar dapat mendukung kemajuan teknologi sehingga diharapkan bangsa Indonesia bisa memiliki sumber daya manusia yang sangat berperan dalam kemajuan teknologi di dunia pada umunya.

Ketika berbicara mengenai teknologi di Indonesia, maka tentunya sosok Prof. Dr. Ing B. J. Habibie adalah tokoh yang sangat dikenal. Beliau adakah inspirator bagi para penerus bangsa yang ingin membuktikan di mata dunia bahwa Indonesia juga memiliki prestasi dalam bidang teknologi.

bj-habibie-suararakyatindonesia-org1

(Baca juga: 6 Produk Karya Anak Bangsa Indonesia yang Mendunia)

Beberapa sekolah di Indonesia telah memasukaan pelajaran komputer sebagai salah satu pelajaran yang harus ditempuh. Bahkan saat ini pelajaran komputer sudah dimulai dari jenjang TK meskipun baru pengenalan pertama bagi siswa TK.

Saat masuk SD pelajaran komputer terus bertambah kualitas pelajarannya. Pelajaran komputer sangat penting bagi anak agar terbiasa menggunakan komputer terutama di dunia kerja.

Pelajaran komputer di sekolah sebenarnya tidak hanya menuntut siswa untuk bisa mengetik dengan cepat sesuai dengan waktu yang ditentukan, namun juga mengajarkan mereka untuk menggunakan perangkat lunak (software) seperti PowerPoint, Photoshop dan lainnya.

Namun karena semakin cepatnya perkembangan teknologi, orangtua juga perlu megajarkan teknologi kepada anak. Hal-hal yang berbau teknologi apa saja yang bisa Anda ajarkan pada anak Anda?

1. Kenalkan anak pada perangkat keras (hardware) komputer

Komputer desktop adalah komputer yang Anda kenal zaman dulu yaitu komputer di atas meja. Komputer dan perangkatnya dikenal sebagai Personal Computer (PC) yang terdiri dari Central Processing Unit (CPU), monitor, keyboard dan mouse.

cpu

CPU adalah sirkuit elektronik yang menjalankan instruksi atau perintah dan mengolah data berdasarkan instruksi yang diterima. Secara tak langsung, CPU adalah otak pada komputer Anda.

CPU memiliki komponen penting berupa prosesor, motherboard, Visual Graphics Array (VGA), memori  atau Random-access memory (RAM), hard disk dan power supply.

Prosesor adalah komponen utama dalam komputer yang mengendalikan semua perhitungan dan algoritma atau disebut juga dengan otak komputer. Motherboard memegang dan menyambungkan komunikasi antara komponen elektronik komputer. VGA adalah hardware untuk menampilkan gambar pada layar monitor Anda.

RAM adalah memori penyimpanan sementara bertugas untuk memproses data dalam komputer. Hard disk adalah tempat penyimpanan informasi digital. Yang paling penting adalah semua komputer memiliki power supply sebagai sumber tenaga.

Menguasai kemampuan dalam penggunaan komputer memang sangat berperan dalam kehidupan kita. Saat ini hampir semua profesi pasti membutuhkan teknologi komputer sehingga kita semua diharapkan mampu mengoperasionalkan komputer agar tidak dibilang gagap teknologi atau gaptek.

Memang beberapa masyarakat lebih melihat dampak buruk dari penggunaan komputer sehingga mereka melupakan keunggulannya seperti saat pertama kali diciptakan. Hal tersebut disebabkan karena banyak yang menggunakan komputer dengan tujuan yang tidak baik.

Tujuan tidak baik antara lain seperti mencuri data milik orang lain, membuat web yang tidak baik, penyalahgunaan mesin ATM, hingga penipuan lewat internet. Padahal sebenarnya komputer diciptakan dengan tujuan membantu aktivitas manusia.

(Baca juga: Apakah Anda Membutuhkan Kursus Komputer?)

2. Awasi anak Anda saat menggunakan komputer dan gadget

child-1183465_1920

Petinggi Google, eBay dan Apple sekalipun tidak membiarkan anak mereka yang masih kecil untuk menggunakan komputer dan gadget. Maka dari itu sebisa mungkin hindari anak Anda bermain komputer dan gadget.

Nomophobia (NO MObile PHOne phoBIA) adalah salah satu gejala yang ditunjukkan oleh orang muda masa kini yang merasa cemas bila tidak memegang gadget mereka. Tentunya Anda tidak ingin anak Anda mengalami hal itu, bukan?

(Baca juga: Ini Dia Akibat Menyalahgunakan Teknologi Bagi Anak)

Banyak orang tua yang merasa khawatir pada saat anaknya menggunakan komputer. Ada baiknya Anda mendampingi si kecil saat ia bermain komputer. Batasi penggunaan komputer dan gadget pada anak setiap hari, misalnya satu jam dalam sehari.

Menaruh komputer di ruang tengah juga salah satu cara yang efektif untuk mengawasi aktivitasnya. Pastikan Anda selalu mendampinginya dan mengawasi permainan yang ia mainkan. Hindari permainan yang dapat merusak kepribadiannya seperti mainan yang mengandung unsur kekerasan ataupun pornografi.

Pada saat ia tidak sengaja membuka situs yang tidak baik, ajari ia untuk menyaring apa yang ia temukan di internet, beri tahu apa yang baik dan apa yang buruk.

(Baca juga: Tips Aman Penggunaan Internet untuk Anak)

3. Gunakan Kiddle.co

kiddle

Google telah mengeluarkan mesin pencari spesial untuk anak-anak yang diberi nama kiddle.co. Dengan menggunakan Kiddle, anak Anda dapat mencari informasi di internet tanpa Anda harus khawatir dari bahaya internet. Informasi yang dicari pun tidak kurang daripada Google, hanya saja tersaring dari konten yang tidak ramah. Coba jadikan kiddle sebagai default search engine pada browser.

(Baca juga: 5 Game Edukatif untuk Anak)

Semoga dengan membaca artikel ini Anda dapat melindungi anak-anak Anda dari bahaya penggunaan komputer dan internet. Hal ini bertujuan agar ia tetap dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang berkualitas dan berprestasi di bidang teknologi.

Baca juga:

Semua Hal yang Orang Tua Perlu Tahu Tentang Pokemon Go

5 Keuntungan Teknologi Bagi Anak

Dampak dan Manfaat Media Sosial Bagi Anak

Tragedi Tragis karena Media Sosial

(Visited 290 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *