February 10, 2016

Hal-hal yang Menarik Tentang Bulan Februari dan Tahun Kabisat

Share artikel ini

Bulan Februari sering dijuluki dengan bulan kasih sayang karena perayaan Valentine. Tetapi yang bikin bulan ini unik adalah karena jumlah harinya menjadi 29 hari pada tahun kabisat atau Leap Year. Lantas apa yang dilakukan pada tahun kabisat?

 

#1.  Tahun Kabisat terjadi pada bulan Februari

leap year 2016Tahun Kabisat atau dalam bahasa Inggris disebut Leap Year merupakan satu tahun Syamsiah dengan jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari akan tetapi 366 hari. Tahun Kabisat bisa kita pahami sebagai tahun yang dapat habis dibagi 4. Tahun kabisat berpengaruh pada bulan Februari yaitu yang biasanya bulan Februari hanya 28 hari menjadi 29 hari.

Awalnya penambahan satu hari pada bulan Februari karena dalam satu tahun Syamsiah tidak secara persis 365 hari, tetapi jumlahnya 365 hari 5 jam 48 menit dan 45,1814 detik. Itulah sebabnya dari pengumpulan kelebihan waktu itu jika dijumlahkan, maka setiap 4 tahun sekali akan kekurangan hampir 1 hari atau 23 jam 15 menit 0,7256 detik. Untuk mengkompensasi hal itu, setiap 4 tahun sekali atau tahun yang bisa dibagi 4 diberi 1 hari tambahan pada bulan Februari menjadi 29 hari. Tahun Kabisat berdasarkan definisi tersebut telah diluncurkan sejak terbitnya kalender Gregorian tahun 1582.

#2. Tradisi Wanita Melamar Pria pada Tahun Kabisat

leap year

Tahun Kabisat dalam bahasa Inggris disebut Leap Year, hal ini ditandai dengan bulan Februari yang berjumlah 29 hari, karena pada tahun biasanya bulan Februari hanya berjumlah 28 hari. Hal yang unik pada Leap Year ini, berdasarkan tradisi Irlandia yaitu wanita akan melamar kekasihnya pada tanggal 29 Februari. Dan sesuai dengan tradisi pun sang lelaki harus mau menerima lamarannya.

Di beberapa tempat Leap Year juga dikenal dengan Bachelor’s Day yaitu laki-laki yang menolak lamaran kekasihnya karena beberapa alasan yang menurutnya kurang tepat sang perempuan menjadi istrinya. Maka jika sang laki-laki menolak, maka ia harus membayarnya dengan gaun atau uang. Uniknya, di kalangan kelas atas di Irlandia, jika menolak lamaran, maka lelaki harus memberikan 12 pasang sarung tangan.

Tujuannya agar perempuan yang ditolak cintanya bisa memakai sarung tangan agar dapat menyembunyikan rasa malu akibat tidak memiliki cicin pertunangan. Tradisi ini sangat dipegang teguh oleh para pengikutnya pada abad pertengahan.

(Baca juga : Hal-hal Unik Mengenai Bulan Februari)

#3. Hari Valentine dirayakan di bulan Februari

Siapa tidak tahun bahwa tepatnya pada setiap tanggal 14 Februari hari kasih sayang dirayakan setiap pasangan, ataupun dengan keluarga atau orang-orang yang tercinta. Hari Valentine atau dalam bahasa Inggrisnya Valentine’s Day disebut juga hari kasih sayang.

Sejarah awal perayaan hari valentine terjadi pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis yang dihubungkan dengan hari raya Santo Valentinus.

valentine rosesSanto Valentinus merupakan guru ilmu Gnostisisme yang berpengaruh dan merupakan calon Uskup Roma pada tahun 143. Perayaan hari Valentine diduga terjadi karena banyak legenda yang terjadi pada kehidupan Santo Valentinus. Beberapa kisah Santo Valentinus antara lain, sore hari sebelum ia gugur sebagai martir atau orang suci dalam ajaran katolik, ia menuliskan sebuah pernyataan cinta, pada kalimat terakhirnya dituliskan, “Dari Valentinmu”. Surat itu diberikan kepada sipir penjara sebelum kematiannya. Kisah lainnya yaitu ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh Kaisar Caludius II, maka Santo Valentinuslah yang menikahkan mereka secara rahasia. Saat ini hari Valentine ditandai dengan beragam symbol seperti kartu valentine atau pun hadiah special yang diberikan pada orang-orang tercinta.

Nah, apakah anda seorang wanita yang ingin kawin? Jangan tunggu empat tahun, inilah kesempatan untuk menggunakan adat tahun kabisat di  2016 untuk melamarkan kepada pasangannya. Ayo share ke teman supaya mereka tahu.

(Visited 345 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *