August 1, 2015

Ini Dia Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Anda!

Share artikel ini

Olahraga renang sangat populer di seluruh dunia. Banyak orang suka berenang, baik sebagai olahraga atau sekedar berenang untuk rekreasi. Semua orang dari beragam kalangan dan usia dapat melakukan olahraga renang ini. Tidak hanya dianjurkan untuk orang yang berbadan sehat saja, olahraga renang bisa dilakukan oleh penderita asma, penderita stroke, hingga untuk ibu hamil. Sementara bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan arau diet, berenang dipercaya dapat membakar kalori secara cepat.

Manfaat Olahraga Renang

Banyak sekali manfaat olahraga renang yang dapat kita ambil. Satu manfaat pasti yang dapat kita ketahui dari olahraga ini, yakni kesehatan tubuh yang prima. Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat olahraga renang ini? Berikut kami  berikan untuk Anda.

1. Cara ampuh membakar kalori tubuh

Berenang adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap bugar dan membakar kalori. Dengan berenang, kalori mudah terbakar dengan semua otot yang bergerak maksimal saat melakukan gerakan renang. Ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa air memiliki tekanan 12 kali dibandingkan udara, sehingga diperlukan upaya lebih untuk bergerak di dalam air. Otomatis tenaga yang Anda keluarkan saat berenang jauh lebih besar dibandingkan olahraga kebugaran lainnya khan?

Manfaat olahraga renang untuk kesehatan
2. Ketahanan otot dan pernafasan

Teknik-teknik yang diajarkan dalam olahraga renang sangat membantu Anda dalam kesehatan otot dan tentu saja pernafasan. Otot–otot Anda akan bergerak maksimal saat melakukan olahraga ini yang membuat otot menjadi terlatih dan sehat. Selain itu berenang secara teratur juga bermanfaat untuk membangun ketahanan perafasan.

3. Rendah Cedera

Renang merupakan salah satu olahraga yang minim cedera. Seseorang yang melakukan olahraga ini dipercaya akan beresiko rendah mengalami cedera. Tidak seperti halnya saat seseorang melakukan olahraga lainnya seperti angkat berat atau atletik, renang tidak terlalu memberikan tekanan pada otot dan tulang. Kondisi tersebut menyebabkan olahraga ini menjadi olahraga yang tanpa resiko, terutama bagi Anda yang berenang dengan teknik yang benar. Apalagi air memiliki daya apung yang dapat menopang tubuh, sehingga lebih melindungi Anda dari mengalami cedera.

4. Tinggi Badan Bertambah

Hal ini berlaku bagi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Berenang dapat membantu anak-anak menjadi lebih cepat tumbuh dan tinggi. Selain itu anak juga dapat melatih otot dan pernafasannya sehingga daya tahan tubuhnya kebal dari penyakit.

5. Efek Rileksasi

Seperti halnya melakukan yoga dan meditasi, berenang dipercaya dapat menimbulkan efek menenangkan yang diharapkan menjadi terapi  dalam meningkatkan kebugaran tubuh. Dalam berenang kita memerlukan konsentrasi, terutama pada gerakan dan pernafasan yang kemudian menjadi terapi rileksasi bagi tubuh untuk memiliki stamina tubuh yang optimal.

olahraga renang dan prestasi 1
Bagaimana Anda dapat melakukan olahraga ini?

Berenang tidak membutuhkan tempat khusus dan dapat dilakukan di mana saja, baik di kolam renang, danau bahkan Anda dapat berenang di laut.  Hanya saja banyak orang yang lebih menyukai melakukan olahraga ini di tempat khusus seperti kolam renang.

Untuk melakukan olahraga ini Anda dapat mendatangi kolam-kolam renang umum yang berada tidak jauh dari kediaman Anda. Jangan khawatir jika Anda belum bisa berenang, karena Anda dapat mencari tempat pelatihan yang mengajarkan berenang untuk semua usia dengan trainer khusus yang handal.

Sementara itu olahraga renang dapat menjadi olahraga prestasi bagi mereka yang menggeluti karirnya sebagai atlet renang. Biasanya olahraga renang untuk jalur prestasi banyak diikuti oleh anak-anak sejak usia dini di sejumlah sekolah renang dengan tujuan mengasah bakat di dunia olahraga ini. Melalui jalur prestasi ini, mereka dapat mengikuti berbagai kejuaraan renang mulai tingkat lokal hingga tingkat internasional.

Setelah mengetahui manfaat yang diberikan oleh olahraga ini, sudahkah Anda mencatatkan renang sebagai agenda mingguan Anda?

(Visited 357 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *