January 29, 2016

Karya-Karya yang Berasal dari China

Share artikel ini

Bangsa China memiliki karya-karya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan masih dipergunakan hingga saat ini. Hal-hal sederhana seperti penemuan kertas toilet, kertas dan alat cetak hingga kincir angin merupakan karya-karya dari China yang tidak lekang oleh masa.

Karya-karya yang ditemukan bangsa China ini menjadi inspirasi bagi bangsa lain untuk mengembangkannya untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja karya-karya yang berasal dari China?

1. Permainan Layang-Layang

layang-layang

Permainan layang – layang telah dikenal di Cina sekitar tahun 2500 Sebelum Masehi. Awalnya, layang-layang pada masa lalu berupa burung kertas besar yang digunakan untuk menakut –nakuti musuh dalam peperangan. Tokoh ekspedisi dunia, Marco Polo (1254 – 1324) menyatakan, layang-layang juga dapat digunakan untuk pelayaran. Layang-layang merupakan salah satu jenis bangun datar segi empat berbentuk mirip dengan belah ketupat.

Layang-layang berupa lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan dihubungkan dengan tali atau benang sebagai alat untuk pengendali. Layang-layang memanfaatkan kekuatan hembusan angin untuk mengangkatnya ke udara. Layang-layang memang digunakan untuk permainan, namun juga memiliki fungsi ritual, alat bantu memancing atau menjerat, alat bantu penelitian ilmiah, serta media energi alternatif. Layang-layang yang pertama kali ditemukan di Cina itu juga populer di Negara-negara lain.

(Visited 770 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *