June 5, 2016

Langkah Mudah Peduli Lingkungan Hidup

Share artikel ini

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman hayati. Tentunya hal ini harus dijaga dengan baik agar tidak punah. Apa saja langkah peduli lingkungan hidup yang dapat Anda lakukan?

Indonesia memiliki lautan yang luas dan keindahan di dalamnya dan juga daratan yang mengandung kekayaan alam. Apakah bangsa kita sudah mampu melestarikan alam yang indah ini? Atau justru sebaliknya, kekayaan alam yang kita miliki hanya dimanfaatkan tanpa dijaga atau dilestarikan?

Beberapa tahun terakhir pemerintah gencar melaksanakan program “Menanam Sejuta Pohon”. Program tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Di bidang kelautan, pemerintah juga melakukan penghijauan pesisir laut dengan menghidupkan hutan bakau dan pelestarian terumbu karang.

Banyak kegiatan manusia yang merusak lingkungan hidup seperti menebang dan membakar hutan. Kegiatan inilah yang memicu terjadinya bencana alam karena dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir bandang.

lingkungan hidup

Laut pun dirusak manusia dengan penangkapan ikan laut yang menggunakan bom rakitan atau pukat harimau. Tak hanya itu, limbah industri yang dibuang melalui air juga menimbulkan polusi sehingga merusak terumbu karang dan memusnahkan biota laut.

Kelestarian alam kita harus dijaga dengan baik agar tidak menimbulkan bencana alam yang akan merugikan negara. Tentunya Anda menginginkan anak dan cucu Anda untuk dapat menikmati kekayaan alam Indonesia, bukan? Lantas kegiatan apa yang dapat Anda lakukan untuk melestarikan alam?

(Baca juga: Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kalimantan)

1. Menanam pohon

Menanam pohon di rumah masing-masing adalah salah satu bentuk peduli lingkungan hidup karena dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya tanaman untuk kelangsungan hidup manusia. Tanaman tak hanya untuk konsumsi manusia saja, namun juga untuk memproduksi oksigen atau udara yang bersih.

menanam pohon

2. Membersihkan lingkungan rumah

Rumah yang bersih adalah rumah yang ideal. Begitu juga dengan lingkungan yang bersih. Warga di sekitar rumah dapat bergotong royong untuk membersihkan lingkungan di sekitar rumah. Kegiatan ini berupa membersihkan selokan, membersihkan sampah yang berserakan, membakar sampah kering, membuang plastik ke tempat pembuangan sampah, serta menguras dan menutup tempat penampungan air.

3. Mengurangi penggunaan plastik

Beberapa waktu ini telah diberlakukan peraturan mengenai penggunaan kantong plastik pada saat berbelaja di pasar swalayan. Plastik yang merusak lingkungan bukan hanya berada pada kantong plastik saja, namun juga pada botol plastik sebagai kemasan minuman dan juga styrofoam.

Plastik merusak lingkungan karena plastik tidak mudah busuk atau sulit didegradasi (non-biodegradable), artinya bahan plastik akan tetap ada di dalam tanah untuk waktu yang lama (500-1000 tahun). Plastik yang dikubur akan mengganggu kehidupan di dalam tanah dan juga dapat masuk ke dalam perairan sehingga mengganggu kehidupan laut.

sampah plastik

4. Menghemat listrik

Tak dapat dipungkiri bahwa kini listrik sangat diperlukan bagi semua umat manusia. Penggunaan listrik yang bijak dapat membantu menyelamatkan bumi ini. Saat siang hari, matikan lampu di dalam rumah dan gunakan sinar matahari langsung. Selain menghemat tagihan listrik, Anda juga melakukan langkah Go Green.

(Baca juga: Masalah Lingkungan Hidup yang Terjadi di Dunia)

5. Mengendarai sepeda

Anda ingin pergi ke pasar di dekat rumah? Cari sepeda lama Anda di gudang, permak dan kendarai sepeda. Selain Anda menghemat bahan bakar, Anda juga berolahraga sambil mengurangi polusi di bumi.

reduce reuse recylce

6. Reduce, reuse and recycle

Sudah sering mendengar istilah ini? Ayo bantu bumi kita dengan mengurangi pemakaian botol plastik dan kantong plastik, menggunakan kembali kantong belanja Anda dan mendaur ulang barang-barang seperti kaleng dan kertas. Saat ini sudah banyak tempat sampah umum yang membedakan plastik, kaleng dan kertas. Dengan membuang sampah sesuai dengan kategorinya, Anda sudah membantu gerakan Go Green!

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda akan membantu melestarikan lingkungan hidup. Semoga semakin banyak orang yang melakukannya, generasi berikutnya tetap dapat melihat indahnya alam Indonesia!

Baca juga:

Tips Berkebun Secara Hidroponik

Semua Tentang Laut Indonesia

Pasang Surut Kehidupan Nelayan Indonesia

(Visited 1,468 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *