January 27, 2016

Makanan Khas Sulawesi yang Harus Dicoba

Share artikel ini

Berkunjung ke Sulawesi belumlah lengkap jika tidak mencicipi makanan khasnya. Makanan khas Sulawesi secara umum terbuat dari ikan laut yang segar. Maklum saja, daerah perairan laut Sulawesi menyimpan banyak sekali jenis ikan yang bisa dikonsumsi. Tentu saja hidangan laut itu tidak disajikan sendirian melainkan juga menggunakan sambal khas Sulawesi. Bukan hanya itu Sulawesi juga memiliki aneka makanan dan minuman khas lainnya.

Berikut makanan khas Sulawesi yang harus dicoba:

1. Bubur Manado, Sulawesi Utara

Bubur merupakan masakan yang banyak terdapat di Indonesia, akan tetapi bubur Manado, Sulawesi Utara memiliki kekhasan tersendiri pada bumbu, cita rasa dan warna. Seperti namanya bubur Manado memang berasal dari Manado dan makanan ini didaerah asalnya disebut dengan istilah Tinutuan. Salah satu tempat yang menyajikan wisata kuliner tinutuan yaitu di komplek wisata kuliner Tinutuan Wakeke, Manado. Wakeke merupakan lokasi wisata makanan khas Tinutuan yang didukung oleh Pemerintah Kota Manado melalui Dinas pariwisata. Itulah sebabnya di sepanjang jalan komples Wakeke dapat ditemukan banyak penjual Tinutuan.

bubur manado

Bubur Manado atau Tinutuan ini merupakan olahan bubur nasi yang dicampur dengan labu kuning, ubi, bayam, kangkung dan daun kemangi, jagung muda yang disisir dan dilengkapi dengan ikan asin sehingga terasa kekhasan makanan Manado ini. Jika kita lihat, maka bubur Manado terlihat berwarna kuning terang karena perpaduan labu kuning serta parutan jagung yang dipadu dengan potongan sayur misalnya bayam atau kangkung, maka makanan ini terlihat sangat mengugah selera. Bubur Manado ini biasanya disajikan bersama dabu-dabu dan rica-rica. Maka menghasilkan rasanya yang gurih dan pedas terasa nikmat dilidah.

(Visited 1,347 times, 4 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *