August 17, 2015

Makanan yang Dapat Menurunkan dan Meningkatkan Tekanan Darah

Share artikel ini

Seperti yang telah Anda ketahui, baik tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah keduanya tidaklah bagus untuk kesehatan. Hipertensi (tekanan darah tinggi) merupakan keadaan dimana seseorang memiliki tekanan sistolik antara 100 sampai dengan 140 mmHg dan tekanan diastolik antara 60 sampai dengan 90 mmHg. Sedangkan tekanan darah rendah (hipotensi) tekanan sistoliknya dibawah 90 mmHg dan tekanan diastolik dibawah 60 mmHg.

Tekanan darah tinggi biasanya disebabkan oleh faktor makanan, genetik atau keturunan, usia, minuman beralkohol, kolesterol, stress, kurangnya berolahraga. Sedangkan tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh dehidrasi, kekurangan gizi nutrisi, dan lain- lain.

Untuk mengatasi kedua hal di atas. Anda bisa melakukan cara alami seperti memakan makanan yang dapat menurunkan (bagi penderita hipertensi) dan menaikkan (penderita hipotensi) tekanan darah.

Makanan yang dapat menaikkan tekanan darah

Ketika seseorang mengalami tekanan darah rendah biasanya disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak garam dan cairan. Tetapi, Anda juga bisa menaikkan tekanan darah dengan mengkomsumsi makanan sehat. Berikut ini lah makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah

1. Kacang

Kacang dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Kacang juga dapat membantu menaikkan tekanan darah tinggi. Penelitian dari Harvard Heart Letter pun
merekomendasikan kacang bagi penderita hipotensi. Konsumsilah berbagai jenis kacang untuk menaikkan tekanan darah tetapi Anda jangan terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan akan menjadi tidak baik bagi tubuh.

(Visited 546 times, 13 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *