August 9, 2015

Manfaat Akupunktur Dan Profesi Akupunktur

Share artikel ini

Akupunktur merupakan salah satu pengobatan asal dari Cina yang sudah berusia ribuan tahun. Dalam teknik akupunktur, jarum kecil ditusukkan ke berbagai titik tubuh (atau ‘titik akunpuktur’ yang berjumlah sekitar 2000 untuk manusia) melalui kulit pada kedalaman yang tertentu hingga membuat syaraf-syaraf tubuh bekerja secara optimal. Cara pengobatan ini dapat dikombinasikan dengan stimulasi listrik atau dikenal sebagai elektro-akupunktur. Kini, masyarakat luas telah menggunakan teknik akupunktur untuk mengobati segala jenis penyakit yang mereka alami. Tidak hanya di Cina, namun banyak negara lain juga yang telah menggunakan teknik ini termasuk Indonesia.

Konsep akupunktur itu adalah untuk menyeimbangkan energi dan kandungan kimia di tubuh seseorang. Akupunktur memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain untuk kedua hal tersebut, akupunktur juga dapat dilakukkan untuk merelaksasikan diri Anda.

Berikut adalah manfaat dari akupunktur

1. Menghaluskan kulit

Ini merupakan salah satu manfaat akupunktur bagi kecantikkan. Jarum yang ditusukkan kedalam kulit/ tubuh akan merangsang sistem syaraf ntuk memperlancar aliran darah dan memproduksi kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit.

2. Melangsingkan tubuh

Akupunktur dipercaya dapat menurunkan berat badan dan hal itu memang sudah terbukti. Jarum akan di targetkan ke otak thalamus dan hypothalamus yang berfungsi untuk mengatur rasa lapar. Setelah jarum telah ditusukkan ke bagian tersebut, rasa lapar seseorang akan berkurang.

3. Mengurangi rasa nyeri

Menurut sebuah penelitian, akupunktur terbukti dapat menghilangkan rasa migrain dan gangguan sakit kepala lainnya. Selain itu, akupunktur juga terbukti lebih efektif daripada obat-obatan penghilang rasa nyeri.

4. Mengobatkan hipertensi

Banyak penderita tekanan darah tinggi yang menjadi sembuh karena melakukan pengobatan akupunktur. penyakit darah tinggi atau hipertensi bisa menyebabkan seseorang terkena stroke bahkan bisa menyebabkan resiko kematian Maka, para penderita hipertensi dapat melakukan akupunktur sebagai sarana pengobatannya.

5. Meningkatkan kesuburan

Kesuburan baik pada pria maupun wanita di pengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti keturunan, gaya hidup dan lainnya. Dengan menggunakan terapi akupunktur Anda bisa meningkatkan kesuburan Anda atau membantu mengobati seseorang yang mengalami masalah interfelitas (mandul).

6. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan penyakit susah tidur yang dialami oleh banyak orang baik remaja maupun orang dewasa dan lansia (lanjut usia). Akupunktur dapat membantu Anda mengatasi penyakit ini. Biasanya insomnia terjadi karena stress atau kondisi fisik seseorang. Akupunktur dapat di lakukkan untuk memperlancar aliran darah dan mengembalikkan fungsi syaraf yang berperan dalam proses tidur.

7. Menghilangkan efek radioterapi

Bagi penderita kanker yang menggunakan radioterapi sering mengalami efek samping dari radioterapi tersebut. Penelitian dari American Cancer Society mnengatakan bahwa akupunktur dapat membantu pasien untuk menghilangkan atau mengurangi efek samping yang disebabkan oleh radioterapi.

8. Menghilangkan angina

Angina merupakan rasa sakit atau nyeri yang terjadi di dada. Hal ini biasanya disebabkan oleh terhambatnya aliran darah di jantung. Akupunktur dapat mengurangi bahkan menghilangkan angina yang Anda alami.

9. Mengatasi masalah pada wajah

Jerawat kerap kali di alami oleh banyak orang baik remaja maupun orang dewasa. Flek hitam, pori-pori besar, dan jerawat dapat di hilangkan atau dikurangi dengan akupunktur. Jarum ditusukkan di daerah dahi, pelipis, bawah mata, hidung, sudut mulut, dagu, dan pipi. Setelah melakukan akupunktur kulit akan terasa lebih kenyal, halus, dan lebih cerah. Jika dilakukan secara rutin kulit wajah Anda akan menjadi lebih sehat.

Akupunktur sebagai profesi

Itulah beberapa manfaat dari akupunktur yang dapat kami paparkan. Untuk Anda yang berminat melakukan akupunktur Anda harus teliti dan selektif dengan ahli profesional akupunktur karena jika melakukannya dengan sembarang orang dapat berakibat fatal.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar akupunktur untuk berkarir, sudah ada beberapa lembaga yang menyediakan kursus akupunktur di Indonesia. Ingat, Anda perlu memastikan bahwa kursus akupunktur mengikuti kurikulum berbasis kompetensi PAKSI (Persatuan Akupunkturis Seluruh Indonesia) dan juga ada sertifikat yang sudah diverifikasikan oleh Depdiknas (Departemen Kursus Nasional). Setelah belajar dasar akupunktur, Anda perlu mengikuti ujian kompetensi dari LSKAI (Lembaga Sertifikasi Komptensi Akupunktur Indonesia) sebelum Anda bisa mempraktekkan akupunktur. Semoga postingan ini bermanfaat bagi Anda.

(Visited 194 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *