August 7, 2015

5 Manfaat Kursus Musik yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Manfaat Kursus Musik
Share artikel ini

Apa sih sebenarnya musik itu? Musik berdasarkan KBBI adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal yang menghasilkan suara yang mempunyai kesatuan dan berkesinambungan.

Siapa sih yang tidak suka musik? Hampir semua orang menyukai musik. Musik dapat membuat kita jatuh hati pada sebuah nada atau melodi tanpa memperhatikan liriknya. Tanpa mengerti lirik lagu tersebut, kita dapat merasakan emosi yang ada di dalamnya yang dapat membuat kita menerka apa arti dari lagu tersebut sehingga walaupun kita mendengarkan musik yang berbahasa asing, kita pasti masih bisa merasakan emosi yang terdapat di lagu tersebut.

Mungkin kini Anda hanya menikmati musik sebagai hiburan saja, tak ada salahnya bukan jika Anda juga mencoba untuk memainkan alat musik. Apakah Anda tahu bahwa dengan bermain musik Anda juga dapat merasa terhibur dan memiliki kesenangan tersendiri? Disamping itu, musik juga memiliki berbagai manfaat lain. Mari kita simak sebagai berikut!

1. Mengurangi Stress

Musik ternyata dapat mengurangi stress lho! Bagaimana bisa? Menurut penelitian, musik dapat memberikan efek positif bagi tubuh dan membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks. Jika Anda tidak percaya, cobalah ketika Anda sedang merasa stress dan penat, dengarkanlah musik kesukaan Anda atau musik yang bermelodi pelan, Anda akan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya. Musik tak hanya digunakan sebagai media pengurang stress sehari-hari, bahkan di bidang kedokteran, musik dimanfaatkan sebagai alat terapi.

2. Meningkatkan Kecerdasan Dan Kreativitas

Kecerdasan dan kreativitas tentunya merupakan dua hal yang berbeda. Belum tentu orang yang cerdas itu kreatif, begitu pula sebaliknya. Namun, jika Anda mempelajari musik, Anda bisa menyeimbangkan kreativitas dengan kecerdasan. Misalnya, musik dapat menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan; seseorang yang dapat bermain musik bisa membaca notasi musik sambil memainkan alat musik karena kerja kedua otak mereka yang sudah seimbang. Disamping itu, musik dapat membuat Anda menjadi pribadi yang kreatif. Setelah Anda sudah mempelajari dasar-dasar musik serta notasinya, hal ini dapat memicu Anda dalam mencoba sesuatu yang baru dan lebih berkreativitas seperti membuat lagu sendiri.

3. Media Untuk Berekspresi

Terkadang kita suka memutar lagu sedih, ketika kita sedang sedih dan juga sebaliknya jika kita sedang dalam keadaan senang, kita memutar lagu yang up beat atau bertempo cepat. Sama dengan bermain musik, musik digunakan sebagai media untuk mencurahkan emosi yang sedang Anda rasakan saat ini. Dengan memainkan instrumen musik, kita dapat mengekspresikan emosi kita dengan lebih tepat dan lebih dirasa oleh kita.

4. Melatih Konsentrasi Dan Ketekunan

Ketika kita mempelajari musik, kita memerlukan konsentrasi agar dapat fokus mempelajarinya dengan baik. Selain membutuhkan konstentrasi yang tinggi, belajar musik juga butuh kesabaran untuk tetap tekun dalam mempelajarinya dan tetap mencoba memainkannya sampai lancar. Anda harus mendedikasikan pikiran dan jiwa Anda terhadap hal yang sedang Anda pelajari agar berhasil. Jangan lupa untuk meluangkan sedikit waktu Anda untuk terus berlatih setiap harinya.

5. Mempelajari Budaya Lain

Pernahkah Anda menyukai sesuatu dan berkeinginan untuk belajar memepelajarinya? Misalnya, Anda menyukai drama Korea, pasti Anda akan berusaha belajar bahasa Korea. Sama halnya dengan musik, jika Anda suka musik Barat, pasti Anda akan mencoba mempelajarinya dari mulai memainkannya sampai Anda mengetahui budaya musik negara tersebut. Ini akan menjadi pengetahuan lebih dan dapat membuka wawasan Anda. Anda dapat berpikiran lebih luas dan dapat mengambil budaya positif mereka untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui manfaat dari musik, bukan? Musik membawa pengaruh yang sangat positif untuk diri kita. Maka dari itu, belajar musik sangatlah penting. Sangat disarankan bagi anak-anak untuk belajar musik sejak dini karena mereka akan lebih cepat memahaminya. Namun, tidak ada batasan usia dalam mempelajari musik. Jika Anda ingin mempelajarinya, mengapa tidak?

Musik tidak mengenal umur. Tidak ada kata terlambat untuk belajar,bukan? Ingatlah istilah “better late than never” yang artinya lebih baik terlambat daripada Anda tidak melakukannya sama sekali, yang hanya akan berujung pada penyesalan. Kalau bukan mulai dari sekarang kapan lagi?

(Visited 287 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *