November 26, 2015

Mengatasi Stress di Kantor

Share artikel ini

Stress di kantor terjadi karena banyak faktor baik dari diri sendiri, lingkungan kerja, maupun ketidakmampuan dalam bekerja.

Menghadapi stress di kantor seringkali membuat kita menjadi kurang produktif dalam bekerja, atau bahkan ingin resign dari tempat kerja.

Agar stress tidak berlarut, berikut beberapa cara untuk mengatasi stress di tempat kerja:

#1 Kenali Rekan Kerja dan Atasan

Dengan mengenal lebih dekat rekan-rekan kerja, akan membuat kita memahami karakter mereka.

Caranya yaitu dengan berinteraksi dengan baik dan professional. Bila telah terjalin saling pengertian dalam bekerja maka akan membuat produktivitas bekerja semakin baik.

Sebab rekan kerja maupun atasan yang kurang mendukung pekerjaan, akan membuat kita semakin stress di kantor. Lakukan pekerjaan sesuai dengan wewenang dan kewajiban. Selanjutnya kita bisa membantu teman-teman yang membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan pekerjaan.

#2 Cari Sumber Masalah

Setiap orang mempunyai masalah dalam kehidupannya, termasuk dalam dunia kerja.

Biasanya stress muncul akibat masalah yang kita hadapi.

Itulah sebabnya coba kita identifikasi dan kenali penyebab stress. Misalnya, apakah stress memang disebabkan oleh pekerjaan di kantor ataukah justru masalah datang dari rumah yang tanpa kita sadari terbawa di kantor. Dengan demikian kita bisa membuat rencana pemecahan masalah agar kita terbebas dari stress.

#3 Curhat dengan Orang yang Peduli

Menghadapi stress sendirian merupakan hal yang berat. Kita belum tentu mampu menganalisa diri sendiri penyebab stress.

Maka pada saat stress, cobalah untuk curhat atau bercerita tentang masalah kita dengan orang yang peduli atau yang kita sayangi. Walaupun belum tentu mereka memberikan solusi untuk mengurangi stress, setidaknya kita telah menceritakan semua masalah sehingga beban stress semakin berkurang.

Beruntung pula jika curhatan kita ternyata mendapatkan solusi untuk mengurangi stress, sebab kadang-kadang orang yang peduli atau orang yang kita sayangi akan memberikan pendapat yang mengejutkan dan tidak pernah kita pikirkan sebelumnya, yang dapat menjadi penyelesaian masalah kita.

(Visited 215 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *