July 15, 2015

Nilai Akademis Bukanlah Segalanya

Nilai Akademis Bukanlah Segalanya
Share artikel ini

Setiap akhir semester, banyak orang tua yang akan mengambil hasil pembelajaran siswa atau yang biasa dikenal dengan rapor. Menurut sebagian besar orang tua, nilai rapor itu sangatlah penting. Orang tua akan merasa bangga dan senang jika anaknya memperoleh nilai yang bagus, sedangkan jika anak memperoleh nilai yang tak memuaskan, orang tua akan kecewa dan marah. Nilai akademis sering kali dianggap sebagai tolak ukur kesuksesan seorang anak kelak. Maka tak heran jika orang tua selalu menuntut anaknya untuk memperoleh nilai yang bagus.

Namun, apakah benar bahwa nilai akademis merupakan hal yang menjamin keberhasilan dan kesuksesan hidup seseorang kelak?

Kenyataannya, keberhasilan hidup seseorang tidak bisa ditentukan dari tinggi atau rendahnya nilai akademiknya. Karena sebenarnya pencapaian nilai akademik yang menurut Anda memuaskan hanya berdasarkan oleh ulangan yang materinya Anda lupakan selama beberapa waktu kemudian.

Keberhasilan hidup dilihat dari karakter apa yang ada dalam diri anak tersebut. Banyak orang tua beranggapan hanya dengan menyekolahkan anaknya di sekolah yang ternama dan memiliki fasilitas yang bagus saja, mereka dapat menjadi orang yang sukses karena menganggap bahwa fasilitas sekolah yang bagus dapat menunjang dan membantu anak dalam belajar. Memang benar fasilitas sekolah dapat mendukung proses pembelajaran anak, tetapi jangan hanya terpaku dan menilai sebuah sekolah karena kurikulum dan fasilitasnya saja, Anda juga harus mempertimbangkan faktor pengembangan karakter yang diajarkan dalam sekolah tersebut.

Karakter adalah hal penting yang dimiliki setiap orang.

Pengertian karakter menurut Ditjen Mandikdasmen dari Kementerian Pendidikan Nasional, karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama,baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat.

Maka dari itu, pendidikan karakter adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan orang tua sejak dini. Pendidikan karakter anak sudah dimulai sejak kecil, jadi jika Anda ingin membentuk karakter anak Anda dengan baik biasakanlah untuk mengajarkannya sesuatu yang baik pula. Anda harus menjadi teladan yang baik bagi anak Anda karena anak Anda akan mencontoh segala perbuatan Anda.

Salah satu hal yang paling dasar dan penting dari karakter seorang anak adalah kejujuran. Kejujuran adalah sebuah dasar fondasi dari perbuatan-perbuatan baik lainnya. Tidak ada satu orang pun di muka bumi ini yang ingin dicurangi, difitnah, dll. Oleh karena itu, kita harus menjaga ucapan kita agar tidak menyakiti orang lain dengan selalu berkata dengan jujur. Jika Anda sekali berbohong, Anda akan terus berbohong untuk menutupi kebohongan Anda. Kejujuran adalah kebijakan yang terbaik dan hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang berkepribadian baik pula.

Pendidikan karakter pada anak memang penting, tetapi ada hal yang juga tak kalah penting yang perlu diperhatikan orang tua yaitu mengetahui dan mengembangkan bakat atau potensi yang ada pada diri anak Anda. Anda juga harus menyediakan media yang dapat mengembangkan bakatnya baik berupa kursus, pelatihan, sarana dan kegiatan-kegiatan yang dapat menopang potensi anak tersebut. Mengetahui apa yang diminati anak Anda akan mempermudah ia untuk meraih kesuksesan. Selain itu, anak Anda juga akan menikmati melakukan hal-hal yang memang mereka minati.

Sebagai orang tua yang berperan besar dalam perkembangan buah hati Anda, Anda perlu menciptakan komunikasi antara orang tua dan anak. Sering kali, anak akan terbuka kepada Anda sehingga Anda dapat mengetahui cita-cita serta aspirasi sang anak. Orang tua juga harus mendukung anak Anda untuk mencapainya dan membantu mereka untuk merealisasikan impiannya dengan memberikan mereka kursus tambahan untuk mempersiapkan mereka saat mereka beranjak ke universitas ataupun dunia kerja.

Nilai akademik memang bukan segalanya, nilai akademik hanya digunakan sebagai pacuan agar anak belajar dengan rajin dan berkompetisi dengan orang lain. Dengan karakter anak yang suka bekerja keras, disiplin serta tepat waktu, anak pasti akan menjadi sukses walaupun tidak memiliki nilai akademik yang sempurna. Semoga postingan ini membantu Anda! Semoga berhasil!

(Visited 358 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *