September 4, 2015

Pekerjaan Apa yang Sesuai Dengan Tipe Kepribadian Anda?

Share artikel ini

Tipe kepribadian ternyata dapat berpengaruh pada pekerjaan seseorang. Belum tentu pekerjaan yang telah Anda jalani selama ini sesuai dengan kepribadian Anda. Bisa jadi Anda lebih sesuai untuk bekerja di bidang lain. Sebelum berbicara lebih jauh tentang pekerjaan dan tipe keribadian ini, terdapat suatu tes kepribadian yang disebut tes MBTI atau Meyers-Briggs Type Indicator yang dapat menilai kepribadian Anda secara akurat.

Tes ini dibuat oleh pasangan ibu dan anak, Katherine Briggs dan Isabel Briggs-Meyers di akhir Perang Dunia II. Mereka berpikir banyak orang di masa itu tidak mengerti keunikan dirinya sendiri dan orang lain, sehingga perlu suatu cara agar mereka lebih mengenal pribadinya sendiri dan juga orang lain. Nah, mari simak apa itu test ini?

Tes Meyers-Briggs Type Indicator

Saat ini tes Meyer-Briggs Type Indicator ini dapat Anda ikuti secara online dan gratis. Dengan mengikuti tes tersebut Anda dapat lebih mengenal kepribadian Anda dan nantinya akan mencocokkan berbagai pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadia Ada tersebut. Namun pada dasarnya tes ini membagi kepribadian manusia dalam empat indikator berdasarkan teori Carl Jung, seorang psikolog Swiss.  Ia membagi pribadi manusia ke dalam empat hal, yakni sensasi, intuisi, pikiran dan perasaan. Kemudian Meyer-Briggs menyempurnakannya menjadi ke dalam empat indikator, meliputi:

1. Extrovert(E)/Introvert(I)

Untuk indikator ini, kita melihat bagaimana seseorang dalam menjalani kesehariannya secara sosial. Seseorang yang ekstrovert lebih senang berkumpul dengan orang lain dan ia gemar bersosialisasi dalam berbagai aktivitas. Dalam kesehariannya ia sangat enerjik dan aktif, serta lebih cenderung terlihat bersama orang lain.

Sebaliknya, seorang introvert cenderung menyendiri dan menutup diri. Ia lebih senang sendirian dan menghabiskan waktu sendirian. Daripada asyik berbicara dengan orang lain, ia lebih suka diam dan mendalami.

(Visited 1,242 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *