August 8, 2015

Perbedaan Beberapa Jenis Teh Dan Manfaatnya

Share artikel ini

Teh memang sudah sangat dikenal dan disukai oleh masyarakat, entah itu untuk tujuan kesenangan pribadi karena mereka menyukai rasa dan aroma dari teh ataupun karena manfaat dan khasiatnya yang sangat baik bagi kesehatan.

Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi teh yang merupakan campuran dari beberapa jenis dedaunan dan mengandung banyak gula karena ini bukan teh yang sebenarnya. Teh yang sebenarnya berasal dari tumbuhan (Camellia sinensis) dan terdiri dari 4 jenis varietas yaitu teh hijau, teh hitam, teh putih dan teh oolong. Masing-masing dari varietas teh ini memiliki keistimewaan dan manfaat masing-masing.

Manfaat teh

Zat utama yang terdapat dalam teh adalah zat polifenol yang terdiri dari senyawa katekin dan epikatekin yang memiliki senyawa anti-inflamasi dan antioksidan sehingga orang yang sering mengonsumsi teh dan kopi memiliki resiko yang lebih rendah dalam mengidap penyakit diabetes, penyakit kardiovaskuler dan penyakit degeneratif lainnya seperti penyakit jantung koroner. Hal ini disebabkan karena kandungan polifenol yang ada di dalam teh dapat membantu menjaga bagian otak yang terkait dalam mengatur pembelajaran dan memori dalam otak. Teh juga mengandung vitamin C sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi kesehatan.

Pada dasarnya, segala jenis teh memiliki beberapa manfaat yang sama seperti dapat melawan radikal bebas yang dapat memicu penyakit kronis. Hal ini disebabkan karena kandungan kapasitas penyerapan radikal bebas yang tinggi. Tubuh kita memang mampu untuk melawan radikal bebas dengan sendirinya, tetapi, tubuh kita tidak dapat melawannya secara total sehingga kita harus mulai melakukan pencegahan dari luar. Teh juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit Parkinson yang merupakan sebuah penyakit degeneratif pada syaraf dan biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Penderita penyakit Parkinson umumnya tidak mampu atau kesulitan saat menggerakan tubuh atau otot mereka. Hal ini disebabkan karena berkurangnya dopamin dalam tubuh mereka karena usia mereka yang sudah lanjut ataupun karena terhambatnya aliran dopamin yang disebabkan oleh penyakit stroke dan gangguan pembuluh darah.

Selain manfaat-manfaat tersebut, setiap jenis teh memiliki keistimewaan dan manfaat masing-masing. Berikut adalah jenis- jenis teh dan manfaat serta keistimewaannya.

1. Teh Hijau

Jenis teh ini memang merupakan jenis teh yang paling terkenal dan sering sekali disuguhkan kepada tamu ataupun dihidangkan di restoran. Selain rasanya lezat dan aromanya wangi, teh hijau ternyata memiliki banyak manfaat yang dapat membantu dalam kecantikan dan kebersihan kulit serta badan kita.

  • Menjaga kesehatan kulit

Teh hijau dapat menjaga kesehatan kulit kita secara natural atau alami karena dengan mengonsumsi teh hijau dengan rutin kira-kira 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap harinya, Anda dapat mendapatkan perlindungan dari sengatan sinar ultraviolet sehingga kita terhindar dari kanker kulit jika kita terlalu lama terpapar oleh sinar matahari. Kanker kulit yang disebabkan oleh radikal bebas dapat juga menyebabkan kulit keriput dan penuaan dini.

Teh hijau juga berkhasiat dalam menghilangkan jerawat yang membandel karena antioksidannya yang tinggi dapat menghilangkan lemak dan kotoran yang ada di wajah. Selain dengan minum teh hijau, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan wajah Anda dengan selalu mencuci muka setiap kali Anda keluar rumah agar jerawat Anda tidak terjadi inflamasi lebih lanjut dan wajah Anda tetap bersih.

Kantung dari teh hijau yang telah digunakan juga bermanfaat jika Anda meletakannya di kantung mata Anda. Teh hijau dapat mengurangi pembengkakan dan kehitaman yang terdapat pada kantung mata Anda.

(Visited 396 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *