July 30, 2015

Rahasia Belajar yang Mudah dan Efektif

Share artikel ini

Apakah Anda selalu mendapatkan nilai buruk walaupun Anda belajar hingga larut malam? Apakah Anda selalu berandai-andai tentang cara yang terbaik untuk belajar?

Banyak pelajar pasti akan menjawab dengan seksama bahwa menggarisbawahi tulisan dan menghafal mati adalah salah satu cara paling efektif untuk belajar. Namun, Dr. John Dunlosky yang merupakan profesor psikologi dan direktur pelatihan eksperimental di Kent State University menyatakan sebaliknya dalam sebuah pernyataan tertulis.

Ia berkata bahwa cara-cara demikian memberikan manfaat minimal untuk belajar dan kinerja mereka.

Ternyata, setiap orang memiliki cara belajar mereka masing-masing. Masing-masing individu memiliki cara belajar tersendiri yang unik sehingga kita tidak dapat memaksa mereka untuk belajar dengan cara yang sama dengan kita.

Untuk memaksimalkan prestasi belajar, Anda harus dapat mengenali gaya belajar Anda sendiri.

Menurut DePorter dan Hernacki (2002), gaya belajar adalah kombinasi dari menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Ada tiga macam dasar gaya belajar yaitu secara (1) visual, (2) auditori dan (3) kinestetik dan setiap individu mungkin bisa memiliki kombinasi dari ketiga macam gaya belajar tersebut.

1. Gaya belajar secara visual

Individu yang memiliki gaya belajar ini cenderung belajar dengan cara visual atau melihat. Individu yang memiliki gaya belajar visual harus melihat materi dan penjelasan guru di papan tulis ataupun di buku untuk mengerti dan menghafal.

Individu memiliki gaya belajar visual akan lebih sering membayangkan gambar di dalam otak mereka sehingga catatan dalam bentuk peta, skema, gambar, diagram dan video.

Ini akan sangat membantu seseorang yang memiliki gaya belajar secara visual karena mereka mengingat apa yang mereka lihat daripada mendengar.

nilai yang baik
Mereka akan selalu mencatat catatan dengan sangat detil, dapat membaca dengan cepat dan mereka cenderung akan lebih mudah belajar di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian.

(Visited 391 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *