July 27, 2015

Segarkan Tubuh dan Pikiran Anda melalui Yoga

Share artikel ini

Di era sekarang, semua berkembang dan maju dengan pesat. Bagi sebagian orang, gaya hidup ini tidak mudah yang menghasilkan stres bagi tubuh dan pikiran.

Hidup di kota besar memaksa kita untuk menghadapi persoalan-persoalan ini, seperti jalanan yang selalu macet, pekerjaan kantor menumpuk, hingga masalah kehiduan harian yang membuat kita menjadi ‘stres’. Stres terkadang membuat Anda tidak mampu berpikir jernih lagi dalam menghadapi persoalan. Agar tidak berlarut-larut dalam ‘stres’ Anda dapat melakukan Yoga dan Relaksasi di waktu luang Anda.

Yoga dan Relaksasi

Cara menyegarkan pikiran dapat dilakukan melalui dengan melakukan Yoga dan Relaksasi.  Yoga sendiri merupakan salah satu cara relaksasi tradisional dengan berbagai aspek kegiatan fisik dan mental.

Yoga ini dipercaya merupakan salah satu cara relaksasi tubuh dan pikiran yang akan meningkatkan kesehatan. 

Bahkan Yoga telah menjadi tren tersendiri bagi masyarakat modern saat ini. Kelas – kelas Yoga di kota besar selalu dipenuhi oleh para peminatnya, baik tua maupun muda yang menginginkan tubuh dan pikiran  yang sehat.

A) Manfaat Yoga Secara Fisik

1. Fleksibilitas

Yoga mengandung gerakan-gerakan yang dapat membantu Anda dalam meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

2. Kekuatan

Selain itu Yoga juga bermanfaat bagi kekuatan tubuh Anda. Misalnya, berbagai posisi Yoga mengharuskan mampu menyeimbangkan tubuh Anda dalam satu kaki atau mendukung tubuh Anda. Bila Anda berlatih Yoga secara teratur, maka kekuatan tubuh Anda akan meningkat.

3. Massa Otot Meningkat

Selain memberikan kekuatan tubuh, berlatih Yoga secara teratur juga akan membuat massa otot Anda berkembang. Otot – otot di tubuh Anda akan semakin kencang.

Yoga dapat menghilangkan stress

4. Cegah Nyeri Punggung

Selain fleksibilitas, membangun kekuatan dan otot semakin kencang, berlatih Yoga secara teratur ternyata dapat membantu Anda mengurangi nyeri punggung. Apalagi bagi Anda yang duduk berjam-jam di depan komputer atau menghabiskan waktu dengan duduk di belakang setir kendaraan.

Yoga sangat berfungsi untuk melemaskan kembali otot-otot yang tegang dan nyeri punggung Anda dapat berkurang.

5. Pernafasan

Berlatih Yoga menuntut kita untuk bernafas secara khusus yang disebut Pranayama. Latihan pernafasan akan mengajarkan bagaimana Anda dapat menggunakan paru-paru untuk meningkatkan taraf kesehatan. Selain itu dalam pernafasan dalam Yoga dapat membersihkan saluran hidung dan menenangkan sistem saraf pusat.

Sementara itu Yoga juga bermanfaat secara mental atau pikiran.

Apalagi latihan Yoga menuntut kita untuk berkonsentrasi di situasi apapun yang akan membawa Anda ke puncak ketenangan pikiran secara menyeluruh.

B) Manfaat Yoga Secara Mental

1. Pikiran Tenang

Meditasi dalam Yoga memiliki teknik-teknik tertentu yang dapat membantu kita untuk menenangkan pikiran atau mental.

2. Stres Berkurang

Berlatih Yoga dengan teratur sangat bermanfaat untuk  mengurangi stres. Saat telah mencapai puncak ketenangan dalam Yoga, berbagai tekanan yang Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari akan menjadi lebih kecil dan Anda merasa lapang. Nah, Anda pun terbebas dari stres.

Yoga dapat menghilangkan stress

3. Lebih Percaya Diri

Berbagai gerakan dalam Yoga akan membuat tubuh Anda semakin selaras. Kesadaran Anda akan alam semesta akan semakin meningkat dan Anda akan merasa lebih nyaman dan percaya diri dengan Anda dan tubuh Anda.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan Yoga, Anda dapat berlatih sendiri melalui tutorial-tutorial Yoga yang banyak beredar secara online atau membeli buku panduan Yoga yang ada di toko buku. Atau ingin lebih mantap lagi dalam melakukan Yoga, Anda dapat mengikuti kelas-kelas Yoga yang ditawarkan oleh sanggar-sanggar Yoga.

Saat ini terdapat banyak kelas Yoga dapat dengan mudah Anda temukan di kota besar. Bahkan untuk Anda yang sedang liburan dapat mengikuti kelas-kelas Yoga di lokasi eksotik, seperti kelas-kelas Yoga di Bali. Selain berlibur Anda dapat juga mendapatkan ketenangan jiwa dan kebugaran tubuh.

Nah, tertarik untuk mengikuti kelas Yoga di tengah sibuknya aktifitas di kota besar? Kabar baiknya, Sukawu.com akan mengadakan workshop WoGa, yaitu gabungan antara Workout dan Yoga.

workout yoga

Disini anda akan berkeringat sambil bersenang-senang, didampingi oleh instruktur yang berpengalaman, yaitu Coach Aji dan Coach Ronald. Tertarik untuk ikut? Yuk langsung daftar disini!

(Visited 525 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *