August 19, 2015

Seni dan Kerajinan Tangan khas Indonesia

Share artikel ini

Indonesia memiliki beragam suku bangsa. Mulai dari yang sudah hidup secara modern sampai yang masih belum mengenal teknologi sama sekali. Akan tetapi, meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu bukan? Itulah arti dari Bhineka Tunggal Ika. Setiap suku bangsa pun memiliki ciri khasnya masing-masing. Keanekaragamaan tersebut juga dapat dilihat dari rumah adat, pakaian adat, bahasa dan juga kesenian.

Kesenian seperti kerajinan merupakan salah satu warisan budaya kekayaan nasional Indonesia. Kerajinan tangan bisa terbuat dari rotan, kayu, tulang, daun, dan sebagainya. Apakah Anda sudah pernah melihat atau mencoba membuat salah satu kerajinan tangan Indonesia? Apakah Anda memiliki salah satu kerajinan tangan khas Indonesia atau Anda hanya menyukai produk luar negeri saja? Padahal kerajinan tangan khas Indonesia ini banyak yang diekspor ke luar negeri karena keunikan dan kualitasnya yang bagus.

Nah, apa saja kerajinan tangan khas Indonesia? Jika Anda belum mengetahuinya, berikut ini adalah 5 kerajinan tangan khas Indonesia.

1. Wayang

Wayang merupakan kerajinan khas Jawa yang sudah terkenal baik di Indonesia maupun di mancanegara. Wayang juga dapat dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik interior rumah, meskipun dulu sering diidentikkan dengan hal-hal mistis. Wayang dimainkan sebagai seni pertunjukkan asli Indonesia. Pagelaran wayang pun masih sering diadakan, bahkan pagelaran wayang ini sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia sejak tahun 2003.

(Visited 623 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *