November 13, 2015

8 Tanda Anak Cerdas

Share artikel ini

Banyak orang tua yang bangga anak mereka lebih pintar dibandingkan anak lainnya, tapi kecerdasan itu subjektif di mata orang tua mereka.

Walaupun begitu memang ada sebagian anak yang benar-benar cerdas.

Apakah tanda-tanda anak yang cerdas?

Anak yang cerdas biasanya dapat dilihat ketika ia sudah memasuki bangku sekolah. Meskipun begitu telah ada tanda sejak balita yang dapat menunjukkan bahwa balita itu cerdas.

Berikut beberapa panduan yang mengindikasikan bahwa anak memang benar-benar cerdas:

1. Mengingat informasi

Anak cerdas akan mengingat berbagai jenis informasi dengan mudah dan masih mengingat sesudahnya. Padahal selama ini ada anggapan bahwa anak jika dinasehati atau mendengar tentang sesuatu maka hanya masuk telinga kanan ke luar di telinga kiri.

Anak yang cerdas mengingat informasi, misalnya seorang anak umur 4 tahun pulang dari museum ruang angkasa dan ia bisa membuat gambar yang akurat tentang roket luar angkasa. Atau sehabis pulang menonton karnaval, anak bisa menggambar salah satu tokoh yang ada dalam karnaval itu, misalnya pemain kuda lumping.

2. Berbakat musik dan artistik

Anak yang mampu menunjukkan bakat yang tidak biasa pada music atau bidang lainnya dianggap berbakat. Anak balita yang bisa menggambar sesuatu dengan perspektif, mampu menyanyi dengan sempurna, atau sangat berminat pada seni biasanya kategori anak cerdas.

anak-cerdas-mempunyai-ingatan-yang-baik

3. Punya daya ingatan yang baik

Sebagian anak cerdas bisa mengingat hal-hal dari ketika mereka masih kecil. Misalnya, anak umur tiga tahun tapi ia sudah mampu mengingat kejadian saat umur 2 tahun. Atau ketika ia menonton film atau TV maka ia bisa menceritakan kembali apa yang dilihatnya dengan menggunakan bahasanya sendiri.

4. Menulis dan membaca lebih dini

Jika anak balita cerdas, maka ia bisa menulis dan membaca saaat usia dini tanpa pengajaran yang riil. Barangkali ia bisa melakukan hal itu karena melihat kakak atau teman yang lebih tua umurnya saat belajar. Secara tidak sengaja ia memperhatikan hal itu dan menirukannya sehingga ia mampu menulis atau membaca lebih dini dibandingkan teman sebayanya.

anak-cerdas-menulis-dan-membaca-lebih-dini

5. Memperhatikan detil

Anak cerdas mempunyai perhatian pada detil. Anak yang umurnya lebih tua mungkin ingin tahu detail khusus tentang cara sesuatu bekerja. Sementara itu anak yang lebih muda bisa merapikan mainan tepat di mana ia mengeluarkannya atau tahu jika sesuatu dipindahkan dari tempat yang biasa.

6. Suka berimajinasi

Anak berbakat akan selalu berimajinasi dengan hal yang pernah dilihatnya. Misalnya, ketika melihat awan maka ia membayangkan bentuk-bentuk tertentu seperti kuda, bebek atau lainnya. Bisa juga jika ia pernah melihat huruf “A” maka dia akan membuat sesuatu yang akan membentuk huruf “A” dengan menggunakan beberapa mainannya.

7. Cepat menguasai bahasa

Anak yang cerdas mampu menguasai kalimat lengkap dalam penggunaan bahasa sehari-hari, bahkan anak berbakat menguasai hal ini lebih cepat dari teman seusianya. Misalnya anak berumur 2 tahun bisa mengatakan “Ada anjing”, tetapi anak yang cerdas telah mampu menyebutkan “ Ada anjing warna cokelat di halaman belakang sedang makan tulang.”

anak-cerdas-cepat-menguasai-bahasa

8. Selalu ingin tahu

Anak yang cerdas tentu selalu ingin tahu apa yang telah dilihatnya, jadi tidak heran kalau anak ini selalu bertanya-tanya mengenai hal yang aneh baginya. Ia juga memiliki keinginan kuat pada hal yang menjadi ketertarikannya dan suka melakukan aktivitas sulit. Itulah sebabnya sebagai orang tua kita harus menjawab pertanyaan anak dengan benar dan bijak agar anak tidak salah kaprah dalam mengartikan hal yang dilihatnya.

anak-cerdas-selalu-ingin-tahu

Nah, apakah anak-anak Anda menunjukan kecerdasan yang disebut diatas? Ayo bagi-bagi komentar dibawah.

(Visited 2,259 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *