November 23, 2015

Tanda-Tanda Mencintai Pekerjaan Anda

Share artikel ini

Anda sudah memiliki pekerjaan? Bagaimana rasanya? Apakah setiap hari ingin buru-buru pulang dari tempat kerja? Ataukah justru, tanpa terasa jam kerja sudah berlalu, tapi Anda tetap asyik bekerja bahkan di akhir pekan?

Jika begitu, selamat! Itulah salah satu tanda Anda mencintai pekerjaan.

Pekerjaan dalam arti luas merupakan aktivitas utama yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan uang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering dianggap sinonim dengan profesi.

Pekerjaan berbeda dengan karir. Penulis buku “Your Job is Not Your Career”, Rene Suhardono mengungkapkan bahwa:

Seringkali kita merasa bahwa pekerjaan kita adalah karir kita.

Tetapi sebenarnya semua yang Anda lihat di kantor adalah bagian pekerjaan atau job. Seluruh peralatan di atas meja, prosedur, mekanisme, dan tugas adalah bagian dari pekerjaan. Termasuk juga atasan, teman kerja dan bawahan, bahkan kartu nama Anda.

Singkatnya, pekerjaan adalah alat atau kendaraan yang bisa membawa Anda pada suatu tempat yang Anda kehendaki. Pekerjaan adalah milik perusahaan, bukan milik Anda. Maka, suatu saat bisa saja perusahaan tidak “menggunakan” Anda lagi.

Lantas apa yang disebut karir?

Karir adalah rangkaian sikap dan perilaku yang berkaitan dengan pengalaman, dan aktivitas kerja selama rentang waktu kehidupan seseorang, dan rangkaian aktivitas kerja yang terus berkelanjutan.

Dengan demikian, karir seorang individu melibatkan rangkaian pilihan dari berbagai macam kesempatan. Jika ditinjau dari sudut pandang organisasi, karir melibatkan proses dimana organisasi memperbaharui dirinya sendiri untuk menuju efektivitas karir, yang merupakan batas dimana rangkaian dari sikap karir dan perilaku, dapat memuaskan seorang individu.

(Visited 169 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *