October 29, 2015

Tempat Kursus Ballet untuk Anak di Jakarta

Share artikel ini

Siapapun pasti terpesona dengan gerakan ballerina yang anggun, lemah gemulai. Apalagi ketika menari di atas pentas, gerakannya yang anggun akan menjadi pusat perhatian seluruh penonton.

Biasanya para ballerina tampak cantik dan tubuhnya sangat proporsional. Tentulah para ballerina itu tidak seketika bisa menari. Mereka telah mempelajari sejak lama, bahkan banyak di antara  mereka mempelajarinya sejak masih anak-anak. Jika begitu, kenapa kita tidak mengajak anak kita lebih mengenal ballet?

Ballet merupakan salah satu teknik tarian. Karya tari yang dikreografikan menggunakan teknik ini dinamakan ballet.

Ballet meliputi tarian itu sendiri, mime, acting, dan musik baik orchestra maupun paduan suara atau menyanyi solo. Ballet dapat ditampilkan sendiri  atau sebagai bagian dari sebuah opera.

Ballet memang bukan tarian asli Indonesia, akan tetapi tarian yang berasal dari  Italia ini telah banyak diminati para penari ballet Indonesia.

Selanjutnya, apa keuntungan anak ikut kursus ballet?

Ballet bukan hanya sekadar menonjolkan karya seni semata. Lebih dari itu, tarian ini mempunyai pengaruh positif pada aspek perkembangan anak, baik mental maupun fisik. Di antaranya membentuk tubuh sekaligus kepribadian. Selain itu kelenturan, keselarasan, dan kekuatan menjadi elemen penting dalam ballet. Sebuah tehnik tarian yang menggabungkan akting dan musik klasik ini memerlukan latihan ekstra bagi calon ballerina.

Manfaat latihan ballet yang dilakukan setiap hari sangat bagus untuk menjaga stamina tubuh. Selain itu latihan ballet juga dapat mempertajam kesadaran akan energi dalam tubuh serta berlatih menangani emosi. Selain itu berlatih tarian yang penuh energi ini juga perlu memaksimalkan apa yang disebut dengan ‘mata hati’ tubuh, yakni di bagian perut, punggung, dan mata. Dengan ballet pula kita dapat melatih untuk mengerti kondisi tubuh.

Untuk mendapatkan kualitas tarian ballet yang sempurna memerlukan tempat latihan dan guru professional. Dengan guru yang paham di bidangnya, maka anak akan belajar lebih serius dan  ke depan  dapat digunakan sebagai ballerina profesional. Akan tetapi, untuk masa anak-anak, kursus ballet ini setidaknya untuk mengetahui kemampuan  sang anak dalam dunia ballet. Bagi anak-anak, berlatih ballet yang utama adalah untuk olahraga agar daya tahan tubuhnya semakin prima dan terbentuk postur tubuh yang proporsional. Untuk itu orang tua harus jeli memilih tempat kursus ballet bagi anak.  Berikut ini beberapa tempat kursus ballet di Jakarta yang bisa menjadi tambahan referensi Anda.

(Visited 1,850 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *