December 5, 2015

Tips Belajar untuk Menghadapi Ujian

Share artikel ini

Ujian bisa membuat kita stres; jadi tips belajar apa saja yang efektif untuk menghadapi ujian?

Pernah merasakan mengurung diri di kamar semalaman saat akan menghadapi ujian? Jika pernah, maka cobalah cara efektif lainnya, karena metode tersebut bukan hal yang paling efektif untuk menghafal dan belajar.  

Selain materi yang dibaca tidak akan sepenuhnya diserap oleh memori otak, belajar semalaman sebelum menghadapi ujian akan membuat badan lelah yang mengakibatkan otak sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat materi yang telah dipelajari semalam saat menghadapi ujian.

Persiapan menghadapi ujian atau tes penting memang tidak bisa dilakukan hanya satu hari. Dibutuhkan persiapan yang matang jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Dengan melakukan beberapa cara di bawah ini, belajar untuk mengadapi ujian tidak akan terasa berat dan materi yang dipelajari akan mudah diingat.

Mari simak cara-cara yang efektif untuk belajar saat menghadapi ujian:

(1) Tertawa

Belajar bukan berarti harus selalu serius. Terkadang, menciptakan suasana riang dan ceria saat belajar mampu memberikan efek yang positif.

Suasana hati yang senang dan sering tertawa terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menyerap informasi serta menurunkan tingkat stres.

Saat mulai jenuh belajar, sempatkan diri untuk beristirahat sambil menonton video-video lucu di internet atau menonton serial untuk memicu tawa. Tapi ingat, tetapkan jadwal istirahat yang pasti jangan sampai terganggu karena terlalu asik menonton.

(Visited 282 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *