August 23, 2015

Tips CV yang Baik Bagi Lulusan Baru

Share artikel ini

Lulus kuliah dan dunia kerja yang sesungguhnya telah menanti Anda. Tapi masalahnya, sebagai seseorang yang baru lulus kuliah atau fresh graduate, pengalaman kerja Anda masih nol. Padahal sejumlah perusahaan besar di Indonesia masih banyak yang mencantumkan syarat pengalaman kerja saat membuka lowongan pekerjaan. Meski tidak seluruh perusahaan mensyaratkan pengalaman kerja, para pelamar dengan pengalaman kerja bertahun-tahun cukup membuat banyak fresh graduate minder. Agar tidak kalah saling dengan para pelamar kerja lainnya, Anda harus membuat CV atau Curriculum Vitae terlihat keren dan menarik, meski Anda baru lulus kuliah. Simak tips-tips menarik berikut ini:

#1. Penempatan Kerja dan Magang

Jika Anda memiliki gelar sarjana di bidang teknik mesin, pastikan Anda menyebutnya secara mencolok di CV Anda. Jangan lupa jelaskan keahlian yang Anda miliki berikut dengan prestasi yang pernah Anda miliki. Meski penempatan kerja Anda terkadang tidak sesuai dengan tujuan karir Anda saat ini, tapi keahlian tersebut akan berguna pada suatu saat nanti. Anda dapat memberikan refensi singkat dari dosen pembimbing Anda saat kuliah, tentang kualitas dan keahlian yang Anda miliki.

Selain itu Internship atau Magang dapat membuktikan bahwa Anda cukup proaktif dalam mencari peluang pekerjaan. Anda harus melakukan seperti halnya karyawan yang dibayar dengan menyebutkan apa yang akan Anda kerjakan, memberikan rincian singkat tentang peran Anda, dan tunjukkan hasil yang Anda akan Anda peroleh, dan lain sebagainya.

Pada bagian pada CV Anda, misalnya di bawah profil atau sebelum bagian pendidikan, Anda bisa memberikan judul seperti, “penempatan kerja dan magang”. Hal ini dapat membantu untuk menyebutkan pengalaman yang Anda miliki, lebih dar sekedar gelar sarjana yang Anda miliki.

(Visited 155 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *