March 15, 2016

Tips Mengatasi Kejenuhan Ibu Rumah Tangga

Share artikel ini

Aktivitas rutin ibu rumah tangga mulai dari membuat sarapan, mengantarkan anak ke sekolah, menyiapkan pakaian suami ke kantor dan segudang aktivitas rumah tangga lainnya kadang membuat Anda merasa jenuh. Bagaimana menghilangkan kejenuhan dan tetap bersemangat menjalani pekerjaan Anda?

1. Membuat masakan istimewa

Memasak memang menjadi rutinitas kebanyakan ibu rumah tangga. Tetapi untuk Anda yang belum bisa memasak, maka Anda dapat memulai belajar memasak untuk dijadikan kegiatan baru. Sedangkan untuk Anda yang sudah biasa memasak, Anda dapat mencoba menu baru yang memerlukan kreasi dan cara memasak yang lebih bervariasi.

Selain memasak masakan, Anda juga dapat mencoba membuat kue kering, coklat ataupun es krim. Dengan memasak Anda bisa menghilangkan kejenuhan dan juga menyenangkan suami dan anak Anda.

(Baca juga: 5 Cara Untuk Memasak Sayuran yang Lezat)

2. Mengerjakan hobi

Daripada bosan di rumah dan tidak tahu mau melakukan apa, ada baiknya Anda menjalankan hobi yang tertunda. Mengerjakan hobi dapat membuat pikiran Anda menjadi segar kembali. Bisa-bisa. waktu untuk mengerjakan hobi adalah waktu yang sangat Anda nanti-nantikan sepanjang hari.

Hobi Anda seperti merajut, membuat baju, membuat kerajinan tangan, atau melukis dapat Anda tekuni agar membuahkan hasil. Hasil pekerjaan ini juga dapat Anda jadikan sumber penghasilan. Intinya, selain kita terhindar dari kejenuhan hobi juga dapat menghasilkan, asyik bukan?

Bila perlu, ikuti kursus untuk mengasah hobi Anda.

(Baca juga: 5 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga)

3. Berolahraga

Olahraga dapat Anda lakukan pada saat siang atau sore hari agar kondisi tubuh Anda tetap segar badan lelah karena melakukan aktivitas rumah tangga yang melelahkan. Jangan Anda berpikir bahwa karena berolahraga Anda berasa lebih lelah. Pada awalnya mungkin tubuh Anda masih beradaptasi dengan aktivitas baru ini, namun lama kelamaan Anda akan menjadi lebih segar.

Olahraga yang dapat Anda ikuti seperti renang, senam yoga atau aerobik atau bermain bulu tangkis. Ajak keluarga dan teman Anda untuk berolahraga agar olahraga menjadi lebih menyenangkan.

(Baca juga: Acroyoga, Memadukan Olahraga Yoga dan Akrobat)

4. Menonton televisi

Banyak stasiun televisi yang membuat program yang ditujukan untuk ibu rumah tangga misalnya sinetron atau acara menarik lainnya di siang hari. Tidak perlu merasa bersalah jika Anda memang menonton televisi, sebab inilah kemewahan yang tidak dimiliki oleh wanita yang bekerja di luar rumah.

Anda juga dapat menonton acara memasak untuk mencatat resep masakan baru, atau menonton berita untuk mengetahui informasi terbaru. Selain menonton berita, Anda juga bisa mendapatkan berita dari koran ataupun internet. Jadi walaupun Anda di rumah seharian, Anda tetap update terhadap berita-berita baru.

5. Berbelanja

Sebenarnya belanja juga merupakan rutinitas bagi Anda, akan tetapi jika dilakukan dengan cara yang berbeda, maka aktivitas yang satu ini dapat menghilangkan kejenuhan. Misalnya, jika biasanya berbelanja hanya dilakukan di super market dekat rumah, kenapa tidak kita coba untuk belanja di pasar tradisional yang agak jauh dari rumah.

Sebaliknya, bagi Anda yang suka ke pasar tradisional, Anda dapat mencoba berbelanja di supermarket di mal untuk mencari suasana baru. Terkadang di supermarket juga ada barang diskon, lho. Setelah puas berbelanja kejenuhan Anda akan berkurang dan Anda siap untuk melanjutkan rutinitas rumah tangga berikutnya.

(Baca juga: 9 Tips Berbelanja Saat Musim Diskon)

6. Mengobrol bersama teman

Bila di rumah Anda sendirian dan merasa bosan, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengobrol bersama teman. Mengobrol bisa dilakukan lewat telepon, chatting, atau bahkan dengan bertatap muka sekalipun. Dengan mengobrol maka Anda bisa menghilangkan kejenuhan, bertukar pikiran, berbagi pengalaman dan menghilangkan stress.

Jika memungkinkan carilah teman mengobrol yang positif, artinya bukan hanya membicarakan masalah pribadi atau membicarakan orang lain, tetapi mengajak kita ke arah kebaikan, misalnya yang mengajak untuk memperdalam agama atau pun membina rumah tangga lebih bahagia.

7. Tidur siang

Akibat bangun terlalu pagi karena mempersiapkan anak ke sekolah dan suami untuk bekerja, maka siang hari Anda terasa lelah dan mengantuk. Hampir semua ibu rumah tangga memiliki waktu yang cukup untuk tidur siang. Jadi jangan ragu untuk menikmati istirahat sejenak dengan nyaman.

Tidur siang selain dapat mengurangi kelelahan, juga dapat menghilangkan kejenuhan karena seharian di rumah. Walaupun begitu, tidak lantas sepanjang siang dilewatkan di tempat tidur saja. Tidur siang cukup sekitar 30 menit atau satu jam saja, dan setelah itu Anda akan bangun dengan badan bugar serta melanjutkan aktivitas kembali.

Baca juga:

7 Aktivitas yang Efektif untuk Saat Istirahat Siang

Trik Menjadi Ibu Rumah Tangga

7 Hal Menarik Bagi Seorang Ibu Rumah Tangga

(Visited 231 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *