August 3, 2015

Tips-Tips Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri

Share artikel ini

Tidak dapat dipungkiri masih banyak lulusan SMU di Indonesia yang bercita-cita dapat meneruskan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), terutama di PTN favorit seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, dan Institut Teknologi Bandung. Informasi terakhir menyebutkan sebanyak 693.185 orang tercatat mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 untuk memperebutkan 99.223 kursi kuliah di 74 PTN di seluruh Indonesia. Persaingan memperebutkan kursi PTN begitu ketat dan hal tersebut mengakibatkan banyak lulusan SMU menjadi tidak percaya diri untuk dapat diterima di perguruan tinggi idaman.

Banyak lulusan SMU memilih jurusan kuliah yang sedikit peminatnya dengan alasan lebih mudah diterima masuk PTN. Padahal belum tentu jurusan tersebut sesuai dengan bakat dan minat yang sangat mempengaruhi karir dan masa depan. Ada juga siswa belajar mati-matian tak kenal waktu demi diterima di bangku PTN. Berikut kami berikan tips-tips menembus Perguruan Tinggi Negeri untuk Anda.

Tips Untuk Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

1. Percaya Diri

Rasa percaya diri sangat diperlukan untuk dapat lolos seleksi masuk PTN. Meski Anda siswa yang cerdas, tapi kalau Anda tidak percaya diri dapat diterima di bangku PTN maka hasilnya akan kurang optimal. Bisa-bisa saat ujian masuk Anda tak yakin dapat mengerjakan semua soal ujian. Misalnya Anda memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan dan bakat Anda. Pilihlah jurusan sesuai nilai, minat, kemampuan dan bakat. Lakukan semua itu dengan mantap dan percaya diri.Kebalikannya, jika Anda sengaja memilih jurusan dengan nilai minimal masuknya rendah, namun sebenarnya kurang Anda minati. Itu sama saja Anda kurang percaya diri dan menurunkan kemampuan Anda.

(Visited 209 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *