January 26, 2016

Top 10 Kuliner Nusa Tenggara

Share artikel ini

Berkunjung ke Nusa Tenggara sangatlah rugi jika tidak menyempatkan diri untuk mencicipi makanannya. Sebab, makanan yang ada di Nusa Tenggara secara umum memiliki rasa asin pedas yang merupakan pengaruh dari masakan Bali, sementara secara tampilan misalnya ayam bakar atau pun sate lebih mengacu pada pengaruh Jawa. Jadi, masakan Nusa Tenggara merupakan masakan transisi dari daerah Indonesia Barat dan Tengah, sungguh hal yang unik dan sayang jika tidak dicicipi. Apa saja makanan favorit Nusa Tenggara yang harus dicoba?

Berikut masakan Nusa Tenggara Barat (Lombok) dan Nusa Tenggara Timur yang harus dicoba:

1. Ayam Taliwang, Nusa Tenggara Barat

Belum sah rasanya jika berkunjung ke Lombok tanpa menikmati ayam Taliwang yang merupakan makanan khas Lombok. Ayam Taliwang menggunakan ayam kampung yang berumur sekitar tiga sampai empat bulan, memang ukurannya agak kecil dibandingkan ayam yang umumnya akan tetapi dagingnya akan terasa lebih manis dan lebih empuk. Beragam cara untuk memasak ayam Taliwang, misalnya digoreng atau dibakar. Akan tetapi yang paling enak adalah ayam Taliwang yang dibakar menggunakan kayu nangka atau kayu kopi. Sebab, kayu jenis ini memberikan aroma lebih enak dan nyala api yang lebih lama. Memanggang dengan kompor gas atau arang juga bisa dilakukan untuk ayam Taliwang, tetapi aroma yang dihasilkan akan berbeda.

ayam taliwang

Ayam Taliwang yang panggang terasa gurih dan nikmat. Rasa gurih dan lezat ayam taliwang akan semakin mantap jika dimakan bersama sambal khas Lombok yang sangat pedas. Biasanya ayam Taliwang disajikan bersama plecing kangkung dan nasi putih hangat.

(Visited 863 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *