February 2, 2016

Tradisi Yang Dilakukan Saat Imlek

Share artikel ini

Masyarakat China selalu menantikan kedatangan tahun baru Imlek setiap tahunnya. Perayaan Imlek memang dianggap lebih penting dibandingkan perayaan lainnya, itulah sebabnya Imlek selalu dirayakan dengan lebih meriah dan melibatkan seluruh keluarga. Apa saja tradisi yang dilakukan saat Imlek?

1) Membersihkan rumah

Membersihkan rumah menjelang tahun baru Imlek, bukanlah sekadar untuk membuat hunian terasa nyaman dan bebas dari debu, akan tetapi membersihkan rumah memiliki makna yang mendalam yaitu membersihkan diri dari segala ketidakberuntungan serta nasib buruk penghuninya. Pembersihan rumah menjelang perayaan tahun baru Imlek dalam tradisi yang telah mengakar pada masyarakat China yaitu dilakukan pada bulan 12 tanggal 24 menurut penanggalan Imlek.

membersihkan rumah

Selain membersihkan rumah juga bisanya dilakukan penggantian alat-alat atau perabot rumah tangga yang sudah rusak ataupun mengecat ulang tempat tinggal agar lebih nyaman dan bersih. Kata ( “Chen [尘]” ) yang artinya debu dan kata ( “Chen [陈]”) yang artinya lama memiliki bunyi yang sama, itulah sebabnya pada saat menyambut Tahun Baru Imlek, membersihkan rumah berarti membersihkan segala ketidakberuntungan dan nasib buruk dari rumah. Tradisi itu sebagai penanda bahwa masyarakat China berkeinginan dan melakukan doa agar mampu meninggalkan hal-hal buruk di masa lalu dan menyongsong masa depan yang lebih baik.

(Visited 477 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *