December 21, 2016

10 Kebiasaan yang Dilakukan oleh Seorang Super Mom

Share artikel ini

Seorang ibu mempunyai peran yang sangat penting di dalam keluarga sehingga seringkali disebut sebagai super mom. Entah itu ibu rumah tangga yang meluangkan seluruh waktunya di rumah ataupun ibu yang juga menjadi wanita karier.

Nah, bagi Anda ibu hebat yang ingin menjalankan peran ini dengan sebaik-baiknya, kebiasaan super mom di bawah ini wajib untuk Anda ketahui. Yuk, simak selengkapnya.

1. Bangun lebih pagi

01 bangun lebih pagi

Sebagai super mom, sudah pasti Anda harus bangun lebih pagi dari anggota keluarga yang lain. Anda punya banyak tugas yang menunggu di pagi hari, mulai dari menyiapkan sarapan untuk suami dan anak-anak, membereskan rumah, mencuci piring, mencuci baju, atau bahkan mengantar anak ke sekolah.

2. Mempunyai jadwal kegiatan

02 jadwal kegiatan

Dengan banyaknya kegiatan yang harus dijalankan setiap harinya, akan lebih baik jika Anda para super mom mempunyai jadwal kegiatan. Dengan ini, pekerjaan akan lebih terstruktur dan terjadwal dengan baik.

3. Menangani tugas yang mendesak

Portrait of stressed young housewife in modern kitchen

Portrait of stressed young housewife in modern kitchen

Ibu hebat harus siap menangani tugas yang mendesak. Tetaplah berpikir jernih dan jangan panik ketika dihadapkan dengan situasi seperti ini.

4. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang produktif

04 mengisi waktu luang

Ketika Anda sudah selesai dengan urusan rumah tangga, akan sangat baik jika waktu luang diisi dengan kegiatan yang produktif. Misalnya dengan memulai bisnis kecil-kecilan dari hobi yang Anda miliki. Selain bisa menghilangkan kejenuhan, Anda juga bisa membantu keuangan keluarga. Kebiasaan super mom banget, deh!

5. Menyiapkan kondisi sekitar dengan baik

Modern spacious lounge or living room interior with monochromatic white furniture and decor below three tall bright windows with a dark bookcase accent in the corner. 3d Rendering

Sudah menjadi kewajiban seorang ibu untuk menyiapkan kondisi sekitar dengan baik. Lingkungan sekitar yang baik akan membuat anggota keluarga nyaman dan semakin harmonis.

6. Menguasai multitasking

06 multitasking

Mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu tentunya sudah menjadi kebiasaan super mom setiap harinya. Untuk menjadi ibu yang hebat, Anda dituntut untuk dapat membagi waktu dengan baik dan bekerja seefektif mungkin.

(Baca juga: Trik Menjadi Ibu Rumah Tangga)

7. Menggunakan tenaga untuk hal-hal penting

fitness, home and diet concept - smiling teenage girl doing push

Kebiasaan bermain ponsel atau gadget terlalu lama sudah seharusnya Anda tinggalkan ketika menjadi ibu. Gunakan tenaga dan waktu yang Anda miliki untuk melakukan hal-hal yang penting dan bermanfaat, seperti berolahraga.

8. Selalu menjaga kebersihan

people, housework and housekeeping concept - close up of woman in rubber gloves with cloth and detergent spray cleaning carpet at home

Dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, Anda telah memberikan contoh yang baik kepada anak-anak agar mereka terbiasa hidup bersih. Selain itu, lingkungan yang bersih juga akan membuat anggota keluarga tetap sehat.

9. Tidak masalah untuk berkata “tidak”

09 berkata tidak

 

Sudah menjadi peran ibu untuk mendidik anak-anaknya dengan baik. Dalam mendidik buah hati, ada kalanya Anda harus berkata “tidak” ketika dihadapkan pada suatu hal. Sebaiknya, sampaikan penolakan atau larangan kepada anak dengan cara yang baik. Berikan penjelasan-penjelasan mengapa Anda berkata tidak kepada si kecil agar mereka mengerti.

10. Mengerti kalau dirinya tidak dapat melakukan semua hal, dan itu tidak masalah

Family having fun in countryside

Terakhir, meskipun super mom memiliki tanggung jawab yang sangat besar, Anda juga harus menyadari bahwa Anda tetaplah manusia biasa yang tidak dapat melakukan semua hal. Jika memang Anda membutuhkan bantuan, jangan segan untuk meminta bantuan kepada anggota keluarga yang lain. Tetap jaga kesehatan diri sendiri, jangan sampai Anda malah jatuh sakit dan merepotkan anggota keluarga lainnya.


Itulah beberapa kebiasaan super mom yang wajib Anda miliki dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Menjadi ibu saja sudah tidak mudah, apalagi menjadi ibu hebat yang bisa mengurus keluarga dengan baik dan membesarkan anak-anak berkarakter positif. Dalam mengemban amanah ini, Anda perlu membekali diri dengan berbagai pengetahuan serta membiasakan perilaku positif agar bisa menjadi teladan yang baik bagi anak-anak. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

8 Ide Kencan Ibu – Anak yang Bisa Anda Coba untuk Akhir Pekan

7 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Sekaligus Wanita Karir

7 Kursus yang Paling Diminati Ibu Rumah Tangga Sekarang

(Visited 127 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *