October 27, 2015

4 Tips Agar Anak Mau Belajar Tarian Tradisional

Share artikel ini

Lantas bagaimana mengenalkan tari tradisional Indonesia mengingat tari tradisional? Bukankah tarian itu rumit?  Jangan langsung berpikiran negatif, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengenalkan anak agar mau belajar tarian tradisional.

1. Kenali karakter anak

Sebelum memulai mengenalkan anak pada dunia tari, kita kenali dulu karakter anak. Tiap anak memiliki pendekatan yang berbeda untuk belajar menari.  Apabila mengetahui gaya belajar yang sesuai untuk anak, kita akan lebih mudah menumbuhkan semangat dan motivasi belajar menari untuk anak. Misalnya, anak yang berpenampilan kalem atau lembut  kita bisa mengajaknya untuk belajar menari tari bedaya atau tari srimpi yang memiliki gerakan yang lembut dan lemah gemulai. Sedangkan anak yang memiliki karakter lincah akan lebih tepat menarikan tarian dengan gerakan yang dinamis, misalnya tari serampang dua belas dari Sumatera Utara yang memiliki irama gendang yang rancak.

2. Kenalkan anak pada dunia tari

Anak tentunya tidak akan mengenal dunia tari jika kita tidak mengenalkannya. Jika kebetulan ia tahu dengan sendirinya, tentulah itu hal yang bagus. Namun, hal itu jarang terjadi mengingat anak-anak usia dini belum banyak mengenal dunia tari. Kitalah yang harus mengenalkannya, misalnya datang pada acara pertunjukkan tari atau melihat video tari-tarian. Ajaklah anak untuk menonton tarian dan  ceritakan makna dibalik tarian itu. Informasi itu bisa kita dapatkan dari internet maupun dari perbincangan langsung dengan pelatih tari.

(Visited 591 times, 7 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *