August 4, 2015

5 Bisnis Kuliner Asyik yang Populer

Share artikel ini

Saat ini bisnis kuliner merebak di berbagai kota di Indonesia. Lihat saja, berbagai kuliner seru dapat kita jumpai di kota-kota tertentu. Seperti tren kuliner sambal dengan maraknya warung dan rumah makan bertema sambal. Dan juga kuliner dengan nama-nama unik seperti es pocong, mie setan hingga yang terbaru seperti ice cream pot di sejumlah kota besar.

Namun pada dasarnya, kuliner merupakan bagian dari kehidupan manusia yang erat hubungannya dengan kebutuhan makanan sehari-hari. Kuliner juga bisa dibilang sebagai suatu gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Setiap manusia pasti membutuhkan makanan setiap hari, baik makanan sederhana rumahan hingga makanan berkelas dan mewah. Untuk itu dibutuhkan pengolahan makanan yang diracik secara tepat demi menghasilkan masakan yang enak.

Berbagai situs bertemakan kuliner saat ini mudah ditemui. Banyak orang membagi hasil masakannya di berbagai situs dan jejaring sosial. Banyak kuliner unik yang kemudian menjadi tren di tengah masyarakat. Banyak orang mengikuti pelatihan kuliner yang diselenggarakan berbagai pihak. Hingga banyak festival kuliner yang selalu dipenuhi oleh banyak orang.

Singkatnya, kuliner memang tidak lepas dari gaya hidup manusia. Bahkan tidak sedikit orang yang melirik kuliner sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Berikut ini kami sajikan 5 bisnis kuliner populer yang tengah menjadi tren di Indonesia.

1. Kuliner Bertema Sambal

Kuliner ini identik dengan cita rasa pedas yang menjadi unggulan dalam suatu racikan masakan. Sebut saja warung aneka macam sambal yang marak di berbagai kota, restoran dengan unggulan masakan cita rasa pedas, hingga aneka ragam kuliner pedas lainnya. Pada dasarnya sebagian besar masyarakat Indonesia gemar makan sambal bersama nasi. Hal ini membuat kuliner bertema sambal mudah diterima di berbagai daerah.

Sebagai peluang usaha, Anda dapat berkreasi dengan aneka masakan serba pedas. Anda bisa mendirikan warung makan di tengah lingkungan kampus untuk mendapatkan banyak konsumen. Jika modal Anda belum cukup, Anda bisa menjual masakan Anda secara online. Misalnya menjual sambal khas daerah yang saat ini laris manis di toko online.

2. Kuliner dengan Nama Unik

Nama unik dan lain dari yang lain membuat sejumlah bisnis kuliner menjadi sangat terkenal. Sebut saja Warung Sate PSK, yang terdengar sangat tidak senonoh, namun sebenarnya PSK adalah singkatan dari Pesen Sate Kiloan. Benar saja, warung ini sangat populer di kalangan penggemar sate di Jakarta. Konsep yang ditawarkan juga bukan per tusuk, namun per seperempat kilo. Ada juga bisnis kuliner unik dengan memberi nama makanan dan minuman dengan nama-nama seram, seperti Es Pocong, Bakmie Setan, hingga Gudeg Mercon.

(Baca juga : 6 Kuliner Unik Indonesia)

Sebagai peluang usaha, Anda bisa berkreasi membuat makanan atau minuman racikan Anda sendiri. Gunakan nama-nama unik dan lain dari yang lain. Pemasaran bisa Anda lakukan secara online atau dari mulut ke mulut. Sebagai perkenalan Anda bisa membawa contoh makanan ke acara arisan atau dibawa ke kantor atau kampus.

3. Kuliner Yang Tengah ‘Hits’

kuliner, kuliner seru

Berbagai kuliner yang saat ini tengah ‘hits’ atau populer mungkin bisa menjadi pilihan Anda untuk berbisnis kuliner. Terapkan saja prinsip sederhana ini, “Lihat – Tiru – Modifikasi”. Saat ini kuliner yang tengah menjadi ‘hits’ di antaranya, sosis bakar, risol mayo, hingga ice cream pot. Anda juga bisa menjelajah online apa saja kuliner yang saat ini tengah popular itu.

Sebagai langkah awal Anda wajib mendatangi salah satu kuliner popular itu, lihat dan rasakan bagaimana cita rasanya. Anda bisa berkreasi untuk menciptakan makanan atau minuman sejenis, namun akan lebih baik jika Anda memodifikasi kuliner tersebut.

(Baca juga : 10 Makanan Terlezat Khas Indonesia)

Sebagai Peluang Usaha, misalnya bisnis kuliner ice cream pot yang saat ini tengah merebak di berbagai kota. Anda bisa memodifikasi tampilan ice cream dan bahan-bahan yang ada pada ice cream pot tersebut dengan versi ala Anda. Kalau perlu, beri banderol harga lebih murah dari ice cream pot yang beredar saat ini.

4. Kuliner Bertema Tradisional

Bukan rahasia lagi jika kuliner bertema tradisional memiliki banyak penggemar di negeri ini. Misalnya saja rumah makan Gudeg Jogja yang bermunculan di berbagai kota. Orang-orang penggemar Gudeg mungkin saja mengunjungi kuliner tradisional Jogja ini di kota mereka. Bahkan saat ini kuliner gudeg sudah muncul dalam versi gudeg kaleng sehingga bisa dibawa ke berbagai daerah dan lebih awet. Tidak hanya gudeg, berbagai kuliner tradisional lainnya bisa Anda jadikan peluang usaha seperti rendang, asinan hingga pempek.

(Baca juga : Top Kuliner di Sumatera)

Sebagai peluang usaha, Anda perlu menguasai kuliner tradisional ini. Jika Anda ingin terjun langsung di bidang kuliner tradisional ini sementara Anda belum berpengalaan, Anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan kuliner tradisional yang diselenggarakan oleh berbagai instansi atau lembaga pendidikan.

5. Kuliner Bertema Internasional

Serbuan budaya asing di Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan maraknya makanan atau minuman bertema kebarat-baratan. Saat ini kuliner lokal dengan sentuhan asing marak di Indonesia, seperti gerai-gerai Fried Chicken lokal, aneka French fries hingga penggunaan ketela versi lokal Indonesia, hingga aneka minuman dengan nama asing. Hal ini bisa Anda manfaatkan bukan?

(Baca juga : Kuliner Eropa Timur yang Mendunia)

Apakah Anda tertarik dalam hal makanan atau mau mencari ide untuk memulai bisnis di bidang kuliner? Mau tunggu apa lagi? Cobalah mengambil beberapa kelas memasak atau kuliner yang tersedia di Indonesia. Siapa tahu Anda dapat menemukan bakat memasak dan mendapatkan ide kreatif dan bahkan, Anda bisa mewujudkan potensi Anda untuk memulai restoran Anda sendiri?

Baca juga:

Profesi Chef yang Makin Populer

Kuliner di Eropa Barat yang Wajib Anda Coba

Mau Coba Kuliner Khas Korea?

Top Kuliner di Amerika Utara yang Wajib Anda Coba

(Visited 364 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *