July 29, 2015

5 Cara Untuk Memasak Sayuran yang Lezat

Share artikel ini

Sayuran memang merupakan makanan yang termasuk dalam 4 sehat dan 5 sempurna karena mengandung serat-serat yang sangat berguna untuk memperlancar sistem pencernaan kita. Bukan hanya sampai disitu, ternyata menurut Dr. Charles Klien, seorang ahli gizi dari New York, sayuran ternyata dapat menghilangkan lemak, kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah yang ada dalam tubuh kita, lho! Tetapi, memang banyak orang yang tidak ingin memakan sayuran karena rasanya yang tidak enak serta pahit, mereka akan memilih untuk makan gorengan ataupun makanan siap saji dibandingkan dengan memakan sayuran.

Sebenarnya, rasa yang tidak enak itu dapat diminimalisir dan dapat menjadi makanan yang lezat dan menyehatkan jika dimasak dengan benar. Anda juga bisa menghias sayuran yang telah dimasak menjadi figur-figur kartun yang dapat menarik perhatian anak Anda jika mereka memang tidak suka untuk memakan sayuran.

Nah, berikut ini adalah cara untuk membuat sayuran yang lezat untuk meningkatkan selera makan Anda.

1. Gunakan minyak saat menumis sayuran

Minyak? Kenapa saya harus menggunakan minyak? Bukankah minyak dapat memicu kolesterol jika digunakan secara berlebihan? Apakah hal ini dapat mengacaukan diet saya?
Betul, menggunakan minyak secara berlebihan memang dapat memicu kolesterol dalam tubuh Anda serta meningkatkan resiko sakit jantung. Namun, jika Anda menggunakan minyak zaitun atau yang biasa dikenal dengan olive oil, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan resiko seperti kolesterol dan penyakit jantung!

cara memasak sayuran lezat

Olive oil atau minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang merupakan lemak yang sehat sehingga dapat menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung. Jika Anda mengidap penyakit jantung koroner, menggunakan extra virgin olive oil atau minyak zaitun ekstra virgin dapat menjadi pilihan yang tepat karena minyak zaitun jenis ini mengalami proses pengolahan yang sedikit sehingga merupakan jenis minyak zaitun yang paling sehat.

Minyak zaitun juga tidak dapat membuat Anda gemuk sehingga menggunakan minyak zaitun dalam membuat salad dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat mencoba menggunakan minyak saat menumis makanan karena saat lemak mengikat dengan bumbu atau rempah-rempah seperti garam, gula dan sedikit lada, sayuran yang tadinya terasa hambar dan tidak enak bisa berubah menjadi makanan yang dapat menggugah selera Anda.

2. Gunakan keju

Siapa sih yang tidak suka dengan keju?  Bahan utama yang dipakai di pizza kesayangan Anda ini bisa meningkatkan rasa dalam sebuah sajian makanan. Begitu pula dengan sayuran, Anda bisa menggunakan potongan-potongan keju favorit Anda ke dalam sayuran seperti kol dan brokoli dan Anda tidak akan lagi merasakan rasa pahit ataupun hambar dalam sajian Anda.

Menambahkan keju mozzarella yang rendah lemak dan daun kemangi ke dalam sajian Anda juga bisa meningkatkan rasa lezat dalam sajian Anda. Anda pasti akan selalu memasak masakan enak jika Anda menambakan keju ke dalamnya.

3. Masak bawang dengan perlahan

Bawang memang merupakan bahan penyedap rasa yang sering dipakai saat memasak sebuah sajian. Namun, apakah Anda salah satu orang yang tidak menyukai bau bawang yang sangat menyengat dan membuat Anda mual? Anda dapat menerapkan trik ini dalam memasak makanan Anda. Cobalah masak bawang dengan perlahan, hal ini dapat mengurangi ketajaman rasa bawang yang memualkan Anda dan memunculkan rasa manis yang terdapat dalam bawang.

Namun, Anda harus membatasi diri Anda dalam mengonsumsi bawang karena walaupun bawang memang dapat membantu Anda dalam mencegah dan melawan sel-sel kanker, mengonsumsi bawang secara berlebihan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut dan kulit. Anda juga dapat mengalami gangguan pencernaan seperti diare dan muntah.
Oleh karena itu, batasilah diri Anda untuk mengonsumsi 1 – 2 siung bawang setiap harinya.

cara memasak sayuran sedap

4. Mengonsumsi sayuran yang manis

Apakah Anda atau anak Anda senang mengonsumsi makanan yang manis? Jika anak Anda sering rewel dalam memakan sayuran, Anda dapat mencoba menyajikan sayuran yang memang dasarnya memiliki rasa manis di dalamnya seperti ubi, labu dan wortel. Namun, jangan khawatir! Mereka juga memiliki khasiat yang berguna bagi tubuh kita walaupun mereka terasa manis.

5. Masukkan sayuran ke dalam sup

Sup adalah salah satu makanan comfort food yang dapat memberikan Anda kenyamanan secara emosional karena mungkin sup adalah salah satu makanan favorit Anda saat kecil dan saat Anda sedang sakit. Memakan semangkuk sup yang panas saat cuaca yang dingin atau saat Anda sedang sakit terdengar sangat menyenangkan bukan?

Sup juga merupakan makanan yang mudah dibuat di rumah dan bukan hanya itu, Anda dapat memasukkan sayuran yang menurut Anda terasa hambar dan pahit ke dalamnya! Anda tidak akan merasakan rasanya karena rasa kuah dari ayam yang terdapat dalam sup mengalahkan rasa dari sayur-sayuran tersebut. Bukankah ini menakjubkan? Anda bisa memakan makanan yang sehat tanpa merasa ketidaknyamanan sedikit pun!

Nah, sekarang Anda sudah bisa mengonsumsi makanan kesukaan Anda dengan sehat, bukan? Seperti yang dikatakan penulis terkenal Mark Twain: “Bagian dari rahasia sukses dalam hidup adalah dengan makan makanan yang Anda sukai”. Tunggu apa lagi? Ayo, coba sekarang masakan sayur yang lezat hari ini juga!

(Visited 259 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru