September 10, 2015

5 Ide Bisnis Keren dengan Modal Kecil untuk Mahasiswa

Share artikel ini

Tidak hanya sekadar belajar di kampus dan mengejar gelar sarjana saja, namun para mahasiswa dapat mencoba untuk terjun di dunia bisnis sejak dini. Berbagai bisnis dapat dilakukan mahasiswa untuk mencari uang saku tambahan, dan tentunya sebagai bekal menapaki dunia usaha di masa depan.

Bagi Anda yang masih duduk di bangku kuliah tentunya bisa mencoba berbagai peluang usaha yang dapat dikerjakan di sela-sela waktu studi. Siapa tahu usaha yang telah Anda jalankan sejak menjadi mahasiswa tersebut akan mengantarkan Anda sebagai seorang wirausahawan yang cukup handal di masa depan?

Seperti forum populer Kaskus yang telah dibangun Andrew Darwis sejak duduk di bangku mahasiswa, atau situs Facebook yang dikembangkan Mark Zuckerberg sejak masih menjadi mahasiswa Harvard.

Nah, apa saja ide-ide bisnis dengan modal kecil yang dapat dilakukan oleh mahasiswa? Simak informasi 5 ide bisnis keren untuk mahasiswa seperti berikut ini.

5 Ide Bisnis Keren untuk Mahasiswa

1. Bimbingan Belajar dan Guru Privat

Ini dia salah satu bisnis untuk mahasiswa yang dapat dijalankan dengan modal rendah, bahkan tanpa modal. Bagi Anda yang memiliki Indeks Prestasi Akademik (IPK) tinggi dapat menekuni bisnis ini dengan cara yang sangat mudah, yakni menjadi guru bimbingan belajar atau guru privat. Anda juga dapat mengajak teman-teman untuk bergabung mengajar les anak usia SD hingga SMA. Cara promosi dapat dilakukan dari mulut ke mulut atau menempel selebaran di sekolah-sekolah.

2. Gelar Garage Sale

Daripada barang-barang menumpuk memenuhi kamar, lebih baik Anda menjualkan dalam ‘garage sale’. Anda dapat menjual berbagai pakaian koleksi Anda yang masih bagus, tas, sepatu, atau apa saja untuk mengurangi kepadatan lemari Anda. Ajak juga beberapa teman kampus untuk melakukan aksi serupa. Untuk promosinya, Anda dapat menggunakan sosial media atau forum populer seperti Twitter atau Instagram. Posting status menarik tentang adanya event ‘garage sale‘ yang bakal Anda gelar. Di sejumlah kota besar event seperti ini banyak digemari oleh anak muda.

3. Bisnis Butik Online

Bagi Anda yang gemar tampil modis di kampus dapat mencoba bisnis butik online ini. Tidak perlu modal besar untuk melakukannya, seperti dengan menjadi reseller atau sistem dropship. Anda dapat menggunakan media gratisan seperti, Facebook, Instagram atau Twitter untuk membuka butik online Anda. Jangan lupa untuk mengajak teman-teman kampus Anda untuk menyukai halaman butik Anda tersebut. Selain itu lakukan update jika terdapat koleksi baju atau sepatu terbaru. Meski awalnya sulit mendapatkan pembeli, dengan ketekunan dan kesabaran maka lama-kelamaan usaha butik online Anda akan mendapatkan banyak pelanggan.

4. Bisnis T-shirt

T-shirt dengan desain keren sangat disukai oleh anak muda, terutama mahasiswa. Jika Anda memiliki kemampuan untuk menggunakan Photoshop atau CorelDraw, Anda dapat mendesain t-shirt keren dan menarik. Awalnya tawarkan dalam komunitas teman sekampus Anda, misalnya t-shirt untuk seragam kegiatan pencinta alam kampus atau acara-acara kampus lainnya. Jika sudah dikenal di kampus, Anda juga dapat menawarkan rancangan seragam untuk organisasi kemahasiswaan yang lebih besar. Siapa tahu ini menjadi bisnis besar Anda di masa depan.

5. Bisnis Snack

Saat menunggu kuliah, banyak teman-teman Anda yang kelaparan dan ingin ngemil. Ini saatnya Anda memanfaatkan peluang tersebut. Gunakan sedikit uang saku Anda untuk berbelanja makanan kecil pengganjal lapar dan minuman, misalnya roti kering, minuman kaleng, cemilan, dan lain sebagainya. Tidak perlu malu untuk melakukannya, karena Anda ingin menolong teman-teman Anda yang butuh snack dan minuman. Jika Anda pandai membuat makanan kecil sendiri,  Anda dapat membawanya ke kantin dan menitipkannya.

Sebenarnya terdapat banyak sekali ide-ide bisnis untuk mahasiswa. Selain ide bisnis di atas, Anda dapat mencoba bisnis lainnya sesuai dengan keahlian Anda masing-masing. Misalnya jasa edit foto jika Anda sangat jago Photoshop, membuat pernak-pernik unik, atau bekerja freelance di situs-situs online saat ini. Mungkin juga Anda sudah tahu passion Anda di mana? Coba saja eksplorasi passion, minat dan bakat Anda dengan kursus pendek. Siapa tahu itulah jalur karir Anda?

Tidak hanya menjalankan bisnis sendirian, Anda juga dapat mengajak teman-teman Anda untuk melakukan bisnis bersama-sama. Sehingga Anda dapat berbagi ide, modal, dan usaha secara bersama-sama. Bisnis mahasiswa yang dilakukan secara bersama-sama ini juga akan melatih kemampuan Anda untuk berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim. Sehingga jika Anda akan lebih tangguh di dunia usaha setelah lulus nanti.

Nah, Anda mau pilih bisnis yang mana? Tuliskan komentar Anda di kolom bawah ini.

(Visited 584 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *