December 25, 2015

5 Tempat Liburan Asyik di Jawa

Share artikel ini

2. Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur yang berada di puncak gunung Ijen merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia. Kawah Ijen berada dalam kawasan cagar alam Taman Wisata Ijen, Banyuwangi di Jawa Timur membuat para wisatawan terpukau dengan fenomena blue fire atau api biru di sekitar kawah yang terjadi setiap pukul 02.00 – 04.00.

Blue Fire atau api biru terlihat di Kawah Ijen, Jawa Timur (sumber)

Blue Fire atau api biru terlihat di Kawah Ijen, Jawa Timur (sumber)

Fenomena blue fire itu hanya dapat dijumpai di Islandia dan Ijen merupakan akibat pembakaran atau belerang yang berpijar karena panas di malam hari, sungguh pemandangan yang langka dan sangat rugi untuk dilewatkan wisatawan.

Walaupun pemandangan indah di Kawah Ijen pada malam hari, akan tetapi tetaplah berhati-hati dengan pernafasan kita karena kawah ini mengandung belerang dengan bau yang sangat menyengat. Jika pun wsatawan tidak sempat menikmati keindahan blue fire di malam hari, di pagi atau pun siang hingga sore pun pemandangan di Kawah Ijen tetap indah sebab dari puncak gunung kita dapat melihat kompleks pegunungan Ijen, diantaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, dan gugusan perbukitan lainnya. Untuk mencapai puncak kawah Ijen wistawan harus berjalan kaki hingga 3 kilometer, namun semuanya tidak masalah karena terbayar dengan pemandangan kawah berwarna hijau yang sangat menakjubkan!

(Visited 323 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *