February 8, 2016

5 Tempat Yang Menarik Dikunjungi Saat Imlek

Share artikel ini

#3. Klenteng Hok Tek Bio, Bogor

Klenteng Hok Tek Bio Bogor
Kota hujan Bogor memiliki klenteng Dhanagun yang terletak di Jalan Suryakencana No.1 atau tepatnya di sisi kiri bangunan Bogor Plaza, Kota Bogor.

Vihara Hok Tek Bio sangat meriah saat perayaan Imlek atau dan Cap Go Meh karena biasanya di tempat ini digelar beragam kesenian Tionghoa seperti barongsai dan pertunjukan Liong (naga). Adapula pertunjukan tanjidor, jaipongan, sisingaan, dan kegiatan lainnya.

Selain kegiatan yang meriah saat perayaan Imlek, Klenteng Hok Tek Bio Bogor juga menarik untuk dikunjungi. Saat pengunjung memasuki klenteng, maka akan terlihat sepasang patung batu singa menyambut kedatangan siapa saja yang berkunjung ke Klenteng Hok Tek Bio.

Klenteng yang diduga dibangun pada tahun 1740 itu memiliki filosofi dalam pemilihan tempatnya yaitu terletak tepat di depan Istana Bogor yang ketika itu (sekarang pintu utama Kebun Raya Bogor) yang merupakan pusat Kerajaan Pakuan-Pajajaran. Selain itu klenteng juga terletak di kepala naga―bagian ujung kawasan pecinan―di antara Gunung Salak dan Gunung Gede. Yang istimewa di kawasan kelenteng ini terdapat banyak penjaja kuliner paling lezat di seluruh Bogor. Misalnya di gang Aut kita akan menemukan aneka makanan seperti martabak, serabi, asinan, lumpia basah, sagu, bakso, bir pletok, dan aneka makanan lainnya. Semuanya unik dan nikmat!

(Baca juga : 7 Tempat Wisata Murah Meriah di Bogor)

(Visited 391 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *