April 5, 2016

5 Tips Lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi dengan Mudah

Share artikel ini

3. Konsisten dan disiplin

Saat kamu belajar terapkan perilaku disiplin dan konsisten. Artinya kamu harus menetapkan jadwal belajar setiap hari dan taat pada jadwal. Durasi belajar juga jangan terlalu lama karena otak juga memiliki kapasitas belajar setiap hari. Daripada belajar setengah hari dan hanya satu kali dalam seminggu, lebih baik dua sampai tiga jam setiap hari. Dan jangan juga melakukan Sistem Kebut Semalam (SKS), ya!

(Baca juga: Tips Belajar untuk Menghadapi Ujian)

4. Prioritaskan mata pelajaran yang kamu kuasai

Saat mengikuti ujian masuk perguruan tinggi, kamu harus menyelesaikan banyak soal dari beberapa mata pelajaran. Di dalam soal itu mungkin ada beberapa mata pelajaran yang tidak kamu kuasai. Bila terlalu lama menghabiskan waktu di soal yang kamu nilai sulit maka kamu akan kehabisan waktu dan tidak sempat mengerjakan soal lainnya.

Misalnya materi yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar. Jika kamu merasa pelajaran yang paling kamu kuasai adalah Matematika, maka kerjakanlah terlebih dahulu. Bila ada soal yang menurut kamu sulit, tinggalkan dulu dan kembali lagi nanti setelah semua soal sudah dikerjakan.

5. Percaya Diri

Rasa percaya diri yang kuat disertai dengan kerja keras akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Tanamkan dalam benak kamu bahwa setiap orang memiliki peluang yang sama untuk masuk ke perguruan tinggi. Dengan yakin pada diri sendiri, maka kamu akan bersikap optimis dalam belajar dan menjalani ujian. Sikap ragu-ragu akan menyebabkan kamu tidak percaya diri dalam berkompetisi untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

Baca juga:

5 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Tips-Tips Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri

Rahasia Belajar yang Mudah dan Efektif

(Visited 458 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *